Kawal Pemilu 2024, 850 Personel Bawaslu se-Jateng Ikuti Apel Siaga

Apel siaga menjelang pengawasan Pemilu 2024
Bawaslu se-Jateng bersama panwaslu dan relawan mengikuti apel siaga menjelang pengawasan Pemilu 2024.

Semarang, Idola 92,6 FM-Bawaslu Jawa Tengah menggelar apel siaga melibatkan 35 kabupaten/kota menjelang kampanye Pemilu 2024 di Marga Utama Candi Borobudur Magelang, kemarin.

Apel siaga dilakukan, sebagai bagian dari pengawasan tahapan kampanye Pemilu 2024.

Ketua Bawaslu Jateng Muhammad Amin mengatakan dalam apel siaga yang perlu ditekankan dan dilakukan jajaran panwascam adalah kesiapan dalam tahapan kampanye.

Mulai dari kesiapan mental, kesehatan dan juga fisik.

Amin menjelaskan, Bawaslu Jateng ingin menegaskan kembali komitmen bersama untuk melakukan pengawasan penyelenggaraan pemilu sebagai bentuk
tanggung jawab bersama dalam mewujudkan pemilu aman dan damai.

“Seluruh jajaran kami sampai tingkat TPS siap melaksanakan satu momentum penting dalam tahapan kampanye 2024 ini. Semua jajaran kami minta untuk menjalankan tugas sesuai dengan wewenang,” kata Amin.

Lebih lanjut Amin menjelaskan, strategi khusus yang dilakukan melalui relawan-relawan dengan membentuk desa pengawasan dan desa antipolitik uang.

Selain itu perlu bekerja sama dengan universitas di seluruh Jateng, organisasi perangkat daerah (OPD), organisasi masyarakat (ormas) dan sebagainya.

“Tentu kami juga bekerja sama dengan kaum milenial yang saat ini tergabung dalam alumni sekolah kader pengawas partisipatif. Yaitu anak-anak milenial yang kita rekrut agar nanti berpartisipasi di dalam proses pengawasan kampanye,” jelasnya.

Amin menyebut, dalam rangka pengawasan media sosial pihaknya juga membentuk gugus tugas dan relawan patroli siber di 35 kabupaten/kota untuk membantu tugas-tugas pengawasan. (Bud)