Mengenal Asih Widyowati, Pendiri Umah Ramah Cirebon Jawa Barat

Asih Widyowati
Asih Widyowati Pendiri Umah Ramah Cirebon Jawa Barat. (Dok Asih)

Cirebon, Idola 92.6 FM – Prihatin atas masih maraknya kekerasan seksual pada perempuan, membuat perempuan asal Cirebon Jawa Barat ini tergerak. Ia mendirikan Umah Ramah, sebuah organisasi yang fokus pada isu kesehatan reproduksi dan kekerasan seksual.

Sosok perempuan hebat itu adalah Asih Widyowati, pendiri Umah Ramah di Cirebon. Asih dan suaminya Abdul Rosyidi, mendirikan Umah Ramah untuk menyuarakan isu kesehatan reproduksi dan pencegahan kekerasan seksual.

Asih Widyowati bersama suaminya
Asih Widyowati bersama suaminya Abdul Rosyidi mendirikan Umah Ramah untuk menyuarakan isu kesehatan reproduksi dan pencegahan kekerasan seksual. (Dok Asih)

“Mengapa saya ambilnya di kesehatan reproduksi, karena saya dulu di pesantren. Ternyata mereka tidak mendapat pendidikan kesehatan reproduksi, karena saya pernah di pondok, maka saya bergerak di pondok pesantren,”tutur perempuan kelahiran Brebes Jawa Tengah itu kepada Radio Idola, pagi (25/01) tadi.

Asih melakukan diskusi
Asih melakukan diskusi bersama wali murid di MI Al-Husna Cirebon tentang peran orang tua dalam pencegahan seksualitas, pada 11 Januari 2023. (Dok Asih)

Ia mengatakan waktu masih kecil dan tinggal di kampung, banyak teman-temannya yang setelah lulus Sekolah Dasar langsung menikah.”Setelah lulus SD mereka pada nikah, terus ada kekerasan seksual oleh suaminya,”kata Asih. Inilah yang membuat Asih memilih jalan untuk terus menemani mereka sejak beberapa tahun lalu. Ia khawatir jika berhenti dan tidak bergerak, lalu siapa yang akan menemani mereka.

Salah satu kegiatan Asih
Salah satu kegiatan Asih dan Umah Ramah Cirebon. (Dok Asih)

Atas kepeduliannya tersebut, Asih menerima enghargaan Perempuan Pemerhati Masalah Perempuan dan Anak dari Bupati Cirebon tahun 2022.

Asih Widyowati lahir di Brebes, 23 Januari 1985. Ia menempuh pendidikan: SDN 1 Pandansari Brebes, SMPN 1 Wanasari Brebes, SMAN 2 Brebes, Sarjana Tadris Biologi IAN Syekh Nurjati Cirebon, dan Magister Manajeman Pendidikan Islam IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Asih Widyowati, Pendiri Umah Ramah Cirebon Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaJAKHUMFEST #3 Hadir di Pos Bloc, Siap Bangkitkan Peduli Insan Muda
Artikel selanjutnyaPro Kontra Wacana Perpanjangan Masa Jabatan Kepala Desa
Jurnalis senior dan gate keeper Radio Idola Semarang