Mengenal Gejala Hipoglikemia bagi Penderita Diabetes saat Berpuasa

Low Blood Sugar
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Hipoglikemia merupakan turunnya kadar gula rendah bagi penderita diabetes. Hipoglikemia merupakan kondisi serius yang dapat terjadi pada penderita diabetes yang sedang berpuasa.

Hal itu disampaikan oleh Arwani, Wakil Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah. Menurut Arwani, beberapa gejala umum hipoglikemia adalah rasa lapar, berkeringat, pusing, jantung berdebar, dan kebingungan.

Ada beberapa cara untuk mengenali gejala hipoglikemia pada penderita diabetes yang sedang berpuasa, antara lain:

  1. Perhatikan gejala fisik, seperti: berkeringat, gemetar, lelah, pusing, dan mungkin nafas pendek.
  2. Gunakan alat tes gula darah untuk meyakinkan bahwa kadar gula darah penderita diabetes lebih rendah dari pada biasanya.
  3. Perhatikan waktu terjadinya gejala. Beberapa penderita diabetes melitus, mungkin mengalami gejala hipoglikemia setelah berpuasa selama beberapa jam atau setelah aktivitas fisik.
  4. Konsultasikan pada tenaga kesehatan untuk menentukan apakah, penderita diabetes bisa terus berpuasa atau berhenti puasa.

Selengkapnya, berikut ini tips “Puasa Sehat dengan Nasihat Perawat” yang dipersembahkan oleh PPNI Jawa Tengah. Kali ini, nasihat disampaikan oleh Arwani, Wakil Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah. (ast/her)

Simak tipsnya: