Panduan Pemenuhan Gizi Pada Tubuh Selama Berpuasa

Air Kelapa Muda
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Bagi kaum muslimin yang sedang berpuasa sangat disarankan untuk memilih jenis makanan dan minuman terbaik saat sahur maupun berbuka Puasa. Hal itu agar pelaksanaan ibadah selama sebulan berjalan lancar.

Hal itu disampaikan Ika Nirmala, Dewan pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah. Menurut Ika, memilih makanan yang tepat sangat penting untuk memastikan terpenuhinya nutrisi saat puasa yang dibutuhkan oleh tubuh.

Lalu, apa saja makanan yang sehat saat puasa yang bisa dikonsumsi untuk mendukung puasa. Berikut ini, tips menurut Ika Nirmala.

  1. Nutrisi saat Sahur
    Makan sahur menjadi waktu yang paling penting dalam mempersiapkan nutrisi tubuh. Adapun jenis makanan yang bisa dikonsumsi saat sahur, yakni: makanan yang banyak mengandung karbohidrat, protein, dan lemak. Anda bisa mencoba menu makan sahur: ikan, kacang-kacangan, dan lengkapi dengan sayur serta buah-buahan untuk membantu memenuhi nutrisi saat puasa.
  2. Menu Buka Puasa
    Menu berbuka puasa harus bisa memenuhi sisa kebutuhan nutrisi tubuh. Adapun jenis makanan sehat yang dianjurkan pada menu berbuka puasa antara lain. kurma dan buah segar. Lengkapi hidangan makanan berbuka dengan potongan-potongan buah segar. Jenis makanan ini tidak hanya kaya nutrisi dan vitamin, tapi juga bisa membantu mencegah gangguan pencernaan yang mungkin terjadi.
  3. Konsumsi Air Kelapa Murni Saat Berbuka
    Cobalah untuk mengkonsumsi air kelapa murni secara rutin sebagai menu berbuka puasa. Air kelapa mengandung banyak mineral yang dibutuhkan tubuh untuk menggantikan cairan elektrolit yang hilang. Minum air kelapa saat berbuka bisa membantu mencegah tubuh dari dehidrasi atau kekurangan cairan. Namun, perlu diingat, untuk mendapatkan manfaat terbaik dari air kelapa, hindari mencampur air kelapa dengan bahan lain.

Selengkapnya, berikut ini tips “Puasa Sehat dengan Nasihat Perawat” yang dipersembahkan oleh PPNI Jawa Tengah. Kali ini, nasihat disampaikan oleh Ika Nirmala, Dewan Pengurus Wilayah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Jawa Tengah. (ast/her)

Simak tipsnya: