Mengenal Inovasi Helm Cerdas karya Mahasiswa Teknik Industri UMM, Bagus Dwi Bagaskara

Bagus Dwi Bagaskara
Bagus Dwi Bagaskara Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan tim berinovasi membuat helm smart. Atas inovasinya ini, mereka meraih juara 2 dalam lomba pameran produk inovasi di kampus UMM. Dalam foto; Bagus Dwi Bagaskara (jongkok-tengah), Jutha Maulia Ananda, Eva Amelia, Bustanul Arifin, Iranda Safta Dana, Zsa Zsa Syahadida Mustafa dan Khania Ratu Aldinar. (Dok Bagus)

Malang, Idola 92.6 FM – Mahasiswa Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Jawa Timur, Bagus Dwi Bagaskara dan tim, baru-baru ini berinovasi membuat helm cerdas. Disebut helm cerdas karena dilengkapi sejumlah fitur pengaman yang diharapkan mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas.

Bagus mengatakan setidaknya ada empat fitur utama dalam helm smart ini, yakni sistem lampu wireless (lampu hazard), sistem anti-maling, anti-embun,
dan pengecasan dengan panel surya.”Kalau pas hujan, nafas kita berbeda, sehingga helm berembun,”tutur Bagus kepada radio Idola Semarang, pagi (13/02) tadi. Dengan kondisi seperti ini, ia pun menambahkan anti-embun pada helm smart.

Menurut mahasiswa semester 6 ini, untuk helmnya beli di luar, yang sudah SNI. Lalu ditambahi fitur-fitur guna meningkatkan keamanan. “Untuk beratnya, sudah kami timbang, nambahnya hanya 0,3 kg dari asli helmnya,”jelas Bagus. Atas inovasinya ini, Bagus dan tim meraih juara 2 dalam lomba pameran produk inovasi di kampus UMM.

Helm cerdas
Helm cerdas untuk menekan angka kecelakaan lalu lintas inovasi mahasiswa Teknik Industri Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Bagus Dwi Bagaskara dan tim. Helm ini dilengkapi sejumlah fitur pengaman yang diharapkan mampu menekan angka kecelakaan lalu lintas di Tanah Air yakni sistem lampu wireless, sistem anti-maling, anti-embun dan pengecasan dengan panel surya. (Dok Bagus)

Bagus berharap karya ini bisa diproduksi secara masal dan mampu menekan angka kecelakaan sekaligus sebagai motivasi anak muda untuk terus mengembangkan karyanya.

Selengkapnya, mengenal apa itu helm cerdas dan bagaimana penerapannya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Bagus Dwi Bagaskara, inovator helm cerdas dari Universitas Muhammadiyah Malang. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: