Mengenal Luki Lukmanulhakim, Pembudidaya Jagung Warna Warni

Luki Lukmanulhakim
Luki Lukmanulhakim, owner Canari Farm Cianjur, pembudidaya jagung warna warni dari Kampung Lebak Saat Desa Cirumput Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat. (Dok Luki)

Cianjur, Idola 92.6 FM – Petani dari Cianjur satu ini tergolong kreatif dan inovatif. Tak ingin sama dengan pembudidaya jagung pada umumnya, ia mengembangkan jagung warna warni.

Sosok itu adalah Luki Lukmanulhakim, owner Canari Farm Cianjur, pembudidaya jagung warna warni dari Kampung Lebak Saat Desa Cirumput Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat.

Jagung warna warni
Jagung warna warni hasil budidaya Luki Lukmanulhakim, owner Canari Farm Cianjur. (Dok Luki)

Luki berhasil menamam jagung warna-warni dengan 32 motif warna di atas lahan seluas 1 hektar. Ia telah memberikan solusi dalam pelestarian plasma nuftah dari jagung.

Menurut Luki, Canari Farm didirikan sejak 2010. Selanjutnya tahun 2018, ia membudidayakan jagung warna warni.”Jagung itu hanya hobi, suka koleksi, ada jagung, ada tanaman lain juga,”tutur Luki kepada radio Idola, pagi (07/08) tadi.

Lahan Jagung Luki Lukmanulhakim
Di lahan ini, sejak 2018, Luki Lukmanulhakim, owner Canari Farm Cianjur melakukan budidaya jagung warna warni. (Dok Luki)

Apa yang dilakukan Luki ternyata menarik perhatian pencinta jagung dari luar negeri, seperti dari Amerika dan Belanda. Koleksi jagung warna warni milik Luki ada warna hitam, ungu, merah, pink, dan warna lainnya.

Menurut Luki, saat ini, harga jual jagung warna warni tongkol 10 ribu rupiah per kilogram. Satu tongkol jagung bisa mempunyai berat 200-300 gram. Pada jenis tertentu bahkan mencapai 500 gram per tongkol. Sedangkan tinggi tanaman jagung komposit bisa mencapai 3 meter dan bisa berbuah antara 1-6 tongkol.

Josh Buchanan
Josh Buchanan dari Kanada berkunjung ke lahan jagung milik Luki Lukmanulhakim karena tertarik dengan jagung warna warni. (Dok Luki)

Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Luki Lukmanulhakim, Owner Canari Farm Cianjur dan pembudidaya jagung warna warni dari Kampung Lebak Saat Desa Cirumput Cianjur Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya: