Mengenal Sandi Mulyadi, Pegiat Literasi dan Pendiri Saung Baca Indonesia dari Cianjur

Sandi Mulyadi
Sandi Mulyadi "Mang Yadi" Pegiat Literasi/Pendiri Saung Baca Indonesia dari Cianjur Jawa Barat. (Photo dok Yadi)

Cianjur, Idola 92.6 FM – Melihat kondisi generasi muda yang mulai luntur terhadap minat baca membuat sosok satu ini tak tinggal diam. Ia tergugah dan menginisiasi gerakan literasi di tempat tinggalnya.

Sosok itu adalah Sandi Mulyadi, pegiat literasi/ pendiri Saung Baca Indonesia dari Cianjur Jawa Barat. Hingga saat ini, Mang Yadi—panggilan akrab Sandi Mulyadi, sudah mendirikan 11 saung baca yang tersebar di Jawa Barat.

Kegiatan Saung Baca Indonesia
Kegiatan Saung Baca Indonesia. (Photo dok Yadi)

Tidak hanya di Cianjur, pria yang gemar membaca, berkebun, dan ngopi ini, juga mendirikan saung baca di daerah Bandung dan Pangalengan. Dalam hidup, ia memegang teguh bahwa sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang bermanfaat bagi sekitar.

Kegiatan Saung Baca Indonesia
Kegiatan Saung Baca Indonesia. (Photo dok Yadi)

Mang Yadi mendirikan taman bacaan tanpa bantuan pemerintah. Selain itu, pria yang mengenyam pendidikan SMA Paket C ini juga sebagai pemilik Baraya Coffee.

Kegiatan Saung Baca Indonesia
Kegiatan Saung Baca Indonesia. (Photo dok Yadi)

Selain menggerakkan literasi melalui Saung Baca, Mang Yadi juga aktif di sejumlah aktivitas, yakni: Founders Komunitas Zero Waste Cianjur, FoundersCianjur Permaculture, Ketua Forum Cianjur bersih bebas sampah, tutor workshop online class, dan Dewan relawan nasional JBBS.

Lantas, apa yang menggerakkan Mang Yadi mendirikan Saung Baca Indonesia? Selengkapnya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Sandi Mulyadi, pegiat literasi/pendiri Saung Baca Indonesia dari Cianjur Jawa Barat. (yes/her)

Simak podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnya5 Daerah di Jateng Masih Rendah Progres Vaksinasi
Artikel selanjutnyaMencermati Pemilihan Anggota KPU dan Bawaslu yang Terkesan Dipilih Secara Tidak Transparan