Mengenal Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sarbini Cianjur

PKBM Sarbini
PKBM Sarbini Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang menjadi juara umum 1 dalam kegiatan PORSENI PKBM Tk Kabupaten Cianjur Jawa Barat 2021. (dok Indra)

Cianjur, Idola 92.6 FM – Saat galau melihat kondisi sumber daya manusia (SDM), khususnya di desanya, Indra Surya Pradana warga desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat dan sang istri, Ema Hermawati tergerak. Mereka mendirikan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sarbini.

Menurut Indra pembina PKBM Sarbini, warga di desanya jarang melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi.”Yang namanya di perkampungan, ketika mereka sudah bisa baca tulis, tamat SD, ada tuntutuan dari orang tua untuk bertani, usaha, sebagian ada yang dinikahkan untukperempuan,”tutur Indra saat menceritakan latar belakang mendirikan PKBM Sarbini kepada radio Idola, pagi (07/06) tadi.

Kegiatan PKBM Sarbini
Anak muda warga Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur antusias mengikuti kegiatan PKBM Sarbini. (dok Indra)

Indra yang sekarang dipercaya menjabat sebagai Kepala Desa Sukamanah menuturkan, perjalanan mendirikan PKBM perlu waktu. Butuh tiga tahun untuk berproses dari kelompok belajar sampai menjadi PKBM Sarbini. “Awalnya tidak bisa langsung diterima karena mindset mereka yang penting bisa baca tulis,”tambah Indra yang mulai memfasilitasi belajar warga sejak tahun 2012.

Kegiatan PKBM Sarbini
Belajar tak kenal lelah. Beginilah warga Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur mengikuti kegiatan belajar PKBM Sarbini. (dok Indra)

Setelah berkoordinasi dengan para tokoh dan pihak pesantren di wilayah tersebut, warga memilih sekolah di PKBM. Terlebih dengan fasilitas yang ada, dan mendapat bantuan dari pemerintah pusat.

Indra Surya Pradana
Indra Surya Pradana Pendiri PKBM Sarbini, kini juga menjabat sebagai Kepla Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat. (dok Indra)

“Harapannya, dengan sendirinya IPM rata-rata anak sekolah di Sukamanah lebih meningkat lagi, pendidikan juga meningkat lagi. Karena bagaimanapun yang utama adalah pendidikan,”terang Indra.

Kini, PKBM Sarbini tak hanya menjadi magnet belajar bagi warga setempat, tapi juga warga desa lainnya.

Selengkapnya, mengenal PKBM Sarbini Desa Sukamanah, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Indra Surya Pradana, pendiri PKBM Sarbini/Kepala Desa Sukamanah Kecamatan Cugenang Kabupaten Cianjur Jawa Barat.(yes/her)

Simak podcast wawancaranya: