Nana: Pemilu 2024, Butuh Sinergi Semua Elemen

Nana Sudjana
Nana Sudjana, Pj Gubernur Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemilu 2024 tinggal hitungan dua bulan, tepatn pada 14 Februari 2024 mendatang.

Pemprov Jawa Tengah mengajak semua pihak di provinsi ini, untuk bersama menciptakan kesuksesan Pemilu 2024 bisa berjalan lancar dan aman.

Pj Gubernur Nana Sudjana meminta semua elemen masyarakat tidak hanya peserta pemilu saja, agar berkolaborasi dan bersinergi untuk menciptakan kesuksesan Pemilu 2024 di Jateng. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, baru-baru ini.

Nana menjelaskan, kolaborasi dan sinergitas perlu dilakukan para penyelenggara pemilu maupun peserta pemilu ditambah pemerintah dan seluruh komponen masyarakat.

Menurut Nana, ada tiga indikator keberhasilan dalam pemilu yang meliputi partisipasi pemilih tinggi dan tidak ada konflik merusak persatuan serta pemerintahan dan pelayanan masyarakat berjalan tanpa gangguan.

Sejumlah peran pemerintah dalam perhelatan pemilu meliputi penyusunan data kependudukan, memberikan perlindungan hukum dan keamanan, pelaksanaan kampanye, percetakan dan distribusi logistik.

“Menurut saya ada tiga indikator kesuksesan Pemilu. Itu yang harus selalu kita sosialisasikan dan jaga agar penyelenggaraan pemilu nanti sukses. Selain itu, peran yang dilakukan pemerintah adalah penanganan ketenteraman, ketertiban, keamanan, menjamin kelancaran pelaksanaan pemilu serta menjamin netralitas aparatur sipil negara dari pengaruh dan intervensi semua golongan atau partai politik,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, saat ini jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Jateng mencapai lebih dari 28,2 juta orang terdiri dari lebih dari 14,1 juta pemilih laki-laki dan lebih dari 14.l,1 juta pemilih perempuan.

Penyusunan data pemilih terus dikoordinasikan dengan KPU sebagai penyelenggara pemilu.

“DPT kita masih fluktuatif karena masih dapat bertambah atau berkurang meskipun dalam jumlah kecil,” pungkasnya. (Bud)