Pemilu 2024, Ini Poin Penting Yang Harus Diperhatikan

Nana Sudjana
Nana Sudjana, Pj Gubernur Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM-Memasuki tahapan Pemilu 2024, ada tiga poin penting yang harus dijaga dan diperhatikan agar pesta demokrasi rakyat lima tahunan bisa berjalan sukses.

Seluruh elemen pemerintah, pemangku kepentingan dan TNI/Polri dibantu masyarakat bisa ikut menjaganya.

Penjabat Gubernur Nana Sudjana mengatakan ada tiga poin penting yang perlu dilakukan, untuk menyukseskan Pemilu 2024. Pernyataan itu dikatakan dalam Dialog Kebangsaan Sukses Pemilu 2024 Menuju Indonesia Maju yang diselenggarakan Kemenko Polhukam di Hotel Alila Surakarta, kemarin.

Nana menjelaskan ketiga poin penting itu adalah menjaga kondusivitas, penguatan toleransi dan mengawal proses demokratisasi.

Kolaborasi menjaga kondusivitas perlu terus diupayakan pemerintah daerah, TNI/Polri serta instansi/lembaga terkait.

Menurut Nana, selama ini Jateng dikenal kondusif tapi tetap harus siaga dan waspada.

“Seluruh komponen masyarakat perlu bersatu dan berkolaborasi dalam menyukseskan semua tahapan Pemilu, hingga terpilih pemimpin yang mampu membawa Indonesia ke arah kemajuan,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana menjelaskan, untuk penguatan toleransi juga perlu dilakukan bersama.

Sebab, suhu politik cenderung meningkat menjelang pemilu dan pilkada 2024.

Sebagai bangsa yang menghargai keragaman dan kebhinekaan, maka harus terus mengedepankan toleransi, dan saling menghormati satu sama lain.

“Masyarakat sudah semakin pintar dalam menjaga persatuan. Jangan sampai masyarakat terpolarisasi dalam pemilu nanti,” pungkasnya. (Bud)