Polantas Siapkan Rekayasa Lalin Antisipasi Kemacetan di Jalur Kaligawe

AKBP Yunaldi
AKBP Yunaldi, Kasatlantas Polrestabes Semarang.

Semarang, Idola 92,6 FM-Satlantas Polrestabes Semarang menyiapkan rekayasa lalu lintas berupa contraflow, untuk kendaraan dari arah Demak menuju Semarang.

Sebab, saat ini tengah berlangsung pengerjaan peningkatan jalan, yang dimulai dari Ngilir ke arah Genuksari.

Kasatlantas AKBP Yunaldi mengatakan dalam penangganan kelancaran arus lalu lintas selama pengerjaan jalan, pihaknya sudah menyiagakan anggota di lapangan guna mengarahkan pengguna kendaraan kecil melintas di jalur alternatif. Hal itu dikatakan saat ditemui di Mapolrestabes, Selasa (31/10).

Yunaldi menjelaskan, proyek pengerjaan peningkatan jalan yang ada di ruas Kaligawe di wilayah Kecamatan Genuk masih terus berlangsung.

Khusus dari arah Semarang ke Demak, arus lalu lintas sudah bisa dibuka normal dan saat ini giliran dari arah Demak ke Semarang dilakukan penutupan.

Menurut Yunaldi, dari arah lampu pengatur lalu lintas di pertigaan Genuk ke Terminal Terboyo sedang dilakukan pengerjaan peningkatan jalan.

“Jadi masyarakat yang tujuan Semarang dari Demak, kami sarankan jalur alternatif dari lingkar Demak bisa masuk ke jalur Onggorawe. Nanti masuk ke Wolter Monginsidi dan ke arah Soekarno-Hatta masuk Kota Semarang. Jangan lurus ke arah Genuk, karena di situ ada perbaikan jalan mulai dikerjakan dan terjadi perlambatan,” kata Yunaldi.

Lebih lanjut Yunaldi memberi saran kepada masyarakat pengguna jalan khusus kendaraan kecil untuk mengambil jalur alternatif dari arah Demak menuju Semarang.

Sementara untuk kendaraan besar, tetap diarahkan melalui jalur pantura Demak-Semarang.

“Pengerjaan jalan itu akan berlangsung hingga Demak 2023. Jadi, kami imbau masyarakat mematuhi arahan yang sudah kami sampaikan,” pungkasnya. (Bud)