Polda Jateng Siapkan Rekayasa Lalin Jika Terjadi Kenaikan Volume Kendaraan Saat Nataru

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi
Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi memberi keterangan kepada wartawan terkait skenario rekayasa lalu lintas saat Nataru.

Semarang, Idola 92,6 FM – Polda Jawa Tengah siap memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pemudik, saat libur Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 untuk kelancaran dan keselamatan berlalu lintas. Termasuk, menyiapkan rekayasa lalu lintas jika diperlukan dan terjadi peningkatan volume kendaraan di ruas jalan tol.

Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan pada saat libur Natal dan Tahun Baru nanti, akan digelar operasi kepolisian dengan sandi Operasi Lilin Candi 2021-2022. Yakni mulai 24 Desember 2021, sampai 2 Januari 2022. Pernyataan itu dikatakannya saat ditemui di Hotel Patra Semarang, kemarin.

Kapolda menjelaskan, saat digelar Operasi Lilin Candi 2021-2022 nanti akan didirikan 353 pos pelayanan yang tersebar di wilayah perbatasan maupun dalam kota dan juga di tempat istirahat di sepanjang jalan tol. Pos pelayanan yang didirikan itu, akan bersinergi dengan personel TNI maupun unsur instansi lainnya.

Menurut kapolda, masyarakat pemudik yang akan masuk atau datang ke wilayah Jateng diimbau tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Menjamin pelaksanaan kegiatan natal dan tahun baru nanti aman. Tidak usah melaksanakan pesta-pesta, termasuk kembang api dan sebagainya. Cukup melakukan kegiatan yang dirasa itu perlu dan menjunjung tinggi protokol kesehatan. Itu yang paling utama, karena COVID-19 di wilayah kita meskipun sudah landai tetapi tetap harus kita jaga tanpa mengganggu kegiatan masyarakat,” kata kapolda.

Dirlantas Polda Jateng Kombes Pol Agus Suryo menambahkan, kegiatan Operasi Lilin Candi 2021-2022 nanti tidak ada penyekatan terhadap para pemudik yang melintas di wilayah Jateng. Namun, pihaknya tetap akan melakukan pemeriksaan secara acak terhadap pemudik di pintu tol atau ruas jalan perbatasan.

Menurut Agus, pihaknya juga telah menyiapkan sejumlah skenario jika saat libur Nataru nanti terjadi peningkatan arus lalu lintas dan menimbulkan ketersendatan atau kemacetan.

“Kita prediksikan arus yang menuju Jawa Tengah cukup banyak, sehingga cara bertindak teknis kita sudah persiapkan. Baik nanti ada one way atau contra flow, termasuk juga nanti pengalihan arus mana kala ini diperlukan. Cara bertindaknya sudah dipersiapkan, sehingga kami simpulkan bahwa Polda Jawa Tengah siap melaksanakan Operasi Lilin Candi,” ucap Agus.

Lebih lanjut Agus juga meminta kepada masyarakat pemudik yang akan bepergian, selalu menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker dan menjaga jarak. Apabila diperlukan, pemudik bisa melengkapi diri dengan surat keterangan negatif COVID-19 hasil pemeriksaan antigen. (Bud)

Artikel sebelumnyaTak Sanggup Bayar Angsuran KPR, Warga Solo Ini Nekat Rampok Pet Shop
Artikel selanjutnyaStok BBM di Jateng dan DIY Dipastikan Aman Jelang Libur Natal dan Tahun Baru
Wartawan senior Radio Idola Semarang.