BBPJN Pastikan Jalan di Jateng Siap Dilintasi Pemudik Saat Lebaran

Jalan Karanganyar Demak
Jalan Karanganyar Demak sudah dilakukan perbaikan.

Semarang, Idola 92,6 FM-Pemerintah memastikan, jalan-jalan yang ada di Jawa Tengah siap dilintasi pemudik saat Lebaran 2024.

Bahkan, jalur pantura di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak yang rusak akibat banjir dipastikan sudah aman dilalui saat mudik Lebaran.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jateng-DIY Rien Marlia mengatakan perbaikan di wilayah Karanganyar Demak sudah dilakukan sejak 24 Maret 2024 kemarin, mulai dari pembersihan jalan dari sampah yang terbawa banjir dan pembersihan puing-puing aspal yang rusak hingga perbaikan jalan berupa patching lubang dan overlay. Pernyataan dikatakan saat di Semarang, kemarin.

Rien menjelaskan, pihaknya masih melakukan pembersihan dengan truck sweeper dan mulai overlay atau pengaspalan ulang arah Kudus menuju Semarang.

Total panjang yang akan dioverlay menuju Semarang 1,4 kilometer di KM 44+550 sampai 45+900.

Menurutnya, saat ini arus lalu lintas sudah bisa dilalui dua arah tetapi ada contraflow di KM 44 hingga jembatan Tanggulangin Kudus karena masih dikerjakan.

“Target kami untuk jalur arah Kudus-Semarang perbaikan aspal sepanjang 1,4 kilometer dapat diselesaikan paling lambat Sabtu (30/3), sehingga kami sudah bisa lanjut perbaikan aspal arah Semarang-Kudus sepanjang 300 meter hari Minggu (31/3) dan selesai pada hari yang sama.” kata Rien.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Cipta Karya Provinsi Jateng Hanung Triyono menyatakan, perbaikan jalan provinsi yang rusak akibat banjir dan longsor ditargetkan selesai pada H-7 Lebaran.

Hanung menjelaskan, jalan yang rusak akibat banjir diperkirakan mencapai 100 kilometer.

Perbaikan jalan tersebut dilakukan dengan pengaspalan jalan-jalan yang rusak atau dengan penambalan.

“Untuk perbaikan jalan provinsi kita menunggu setelah surut. Setelah surut kita akan laksanakan perbaikan dengan menambal lubang. Nanti H-7 Lebaran selesai,” ucap Hanung. (Bud)