Lewat Teknologi IoT, Industri Manufaktur di Indonesia Didorong Sudah Terdigitalisasi

XL emanufature
Pekerja memastikan perangkat keras industri terkoneksi dengan jaringan data digital.

Semarang, Idola 92,6 FM-Penerapan solusi digital, akan meningkatkan kinerja perusahaan dan daya saing suatu perusahaan manufaktur.

Solusi digital bermanfaat, untuk mengakselerasi proses digitalisasi di industri manufaktur Indonesia.

Solusi Smart manufacture dengan teknologi Internet of Things (IoT), menawarkan manfaat berupa peningkatan efisiensi operasional dan peningkatan nilai tambah serta peningkatan kualitas produk.

Chief Enterprise Business Officer XL Axiata Feby Sallyanto mengatakan XL Axiata Smart Manufacture, merupakan solusi IoT untuk mendigitalisasikan aset. Hal itu disampaikan melalui siaran pers, kemarin.

Menurut Feby, sebelumnya perangkat keras yang digunakan di mesin industri masih terikat dengan perangkat lunaknya sehingga sulit untuk didigitalisasi.

Saat ini, dengan adanya protokol yang terstandarisasi pada hampir semua produsen perangkat keras serta solusi XL Axiata Smart Manufacture yang dapat menangkap dan mengolah data, XLABS dapat membantu digitalisasi di sektor manufaktur lebih cepat, aman dan terintegrasi.

“Sepanjang tahun 2023 kemarin, industri manufaktur mencatatkan kinerja yang sangat baik dan berkontribusi terhadap pertumbuhan Produk Domestik Bruto nasional. Bahkan, Indonesia masuk 10 besar penyumbang produk manufaktur dunia sekaligus satu-satunya negara ASEAN yang masuk daftar tersebut. Guna mendukung peningkatan kinerja industri manufaktur Indonesia, XLABS mendorong penerapan digitalisasi di kalangan teman-teman sektor manufaktur melalui produk solusi Smart Manufacture ini,” kata Feby.

Lebih lanjut Feby menjelaskan, salah satu perusahaan manufaktur yang mengimplementasikan solusi XL Axiata Smart Manufacture adalah Kobelindo Compressors.

Solusi XL Axiata Smart Manufacture yang terus berkembang untuk kebutuhan pelanggan, merupakan solusi yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Kobelindo sehingga dapat meningkatkan daya saingnya di pasar global.

“Dengan penerapan XL Axiata Smart Manufacture, Kobelindo memperoleh manfaat berupa kemampuan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki masalah pada kompresor secara lebih cepat dan akurat, sehingga dapat mencegah downtime dan meningkatkan produktivitas,” pungkasnya. (Bud)