Pelaksanaan Pemilu 2024 di Jateng Aman, Situasi Masih Kondusif

Warga saat menggunakan hak pilih di bilik suara TPS.

Semarang, Idola 92,6 FM-pemungutan suara Pemilu 2024 sudah dilaksanakan di seluruh Jawa Tengah, dan saat ini situasi berjalan aman dan kondusif.

Posko pengamanan pemilu yang dibentuk Pemprov Jateng juga tidak menerima laporan, terkait gangguan pada masa pemungutan suara berpengaruh hingga terjadi keributan.

Pj Gubernur Nana Sudjana mengatakan situasi di provinsi ini masih kondusif, aman dan terkendali. Pernyataan itu dikatakan usai meninjau posko pemantau pemilu di kantor gubernuran, kemarin.

Nana menjelaskan, kondusivitas tersebut diharapkan terus tercipta hingga berakhirnya tahapan Pemilu 2024.

Para pimpinan di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pemprov, juga telah diminta melakukan pemantauan ke daerah masing-masing sesuai dengan kewilayahannya.

Menurut Nana, selain memantau situasi dan kondisi para kepala OPD yang ditugaskan di lapangan juga harus terus menjalin komunikasi dengan tokoh masyarakat dan tokoh agama.

Hal tersebut sebagai langkah antisipatif, terkait perkembangan situasi di setiap daerah.

“Alhamdulillah, sampai saat ini situasi di Jawa Tengah pasca pemungutan dan penghitungan suara masih kondusif. Kemarin pelaksanaan pemungutan suara berjalan dengan lancar dan kondusif. Untuk menjaga kondusivitas wilayah, jalinan komunikasi dengan Polri dan TNI terus dilakukan,” kata Nana.

Lebih lanjut Nana juga terus membangun komunikasi dengan KPU dan Bawaslu Jateng.

Sebab, setelah tahapan penghitungan suara dan tahapan berikutnya adalah rekapitulasi suara dilakukan di tingkat KPU kabupaten/kota hingga ke KPU provinsi. (Bud)