Penyakit Tidak Menular pada Anak Kian Meningkat, Bagaimana Kita Mengantisipasinya?

Pemeriksaan Kadar Gula Darah
Ilustrasi/Istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Pola penyakit dan kematian di masyarakat semakin bergeser, dari sebelumnya didominasi penyakit infeksi dan menular menjadi penyakit tidak menular. Hal ini juga terjadi pada anak-anak.

Hal itu dikemukakan Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI) Piprim Basarah Yanuarso, baru-baru ini. Menurut Piprim, penyakit tidak menular kian menjadi ancaman kesehatan di masyarakat. Penyakit tidak menular juga menjadi penyebab kematian terbesar di Indonesia.

Pergeseran gaya hidup masyarakat yang semakin modern serta adanya perubahan iklim turut berdampak pada pergeseran pola penyakit. Saat ini, pola penyakit di masyarakat didominasi penyakit tidak menular.

Maka, ketika penyakit tidak menular pada anak kian meningkat; bagaimana mestinya para orangtua dan dokter mengantisipasinya? Apa saja hal-hal yang perlu diwaspadai?

Untuk memperoleh gambaran atas persoalan ini, radio Idola Semarang berdiskusi dengan narasumber Ketua Pengurus Pusat Ikatan Dokter Anak Indonesia (PP IDAI), dr. Piprim Basarah Yanuarso, Sp.A(K). (her/yes/ao)

Simak podcast diskusinya: