Jalur Mudik Jateng Punya 3.000 Posko

Arus Lalu Lintas Jelang Arus Mudik dan Balik 2016, Semarang, Kamis (23/6).

Semarang, Idola 92.6 FM – Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dinhubkominfo) Jawa Tengah memperkirakan jumlah pemudik yang akan melintas di provinsi ini pada Lebaran 2016 mencapai 6,6 juta orang.

Jumlah itu naik sekitar 5 persen atau kurang lebih 300.000 pemudik jika dibandingkan pada periode tahun 2015. Peningkatan ini diperkiran karena bersamaan dengan musim libur sekolah.

Kepala Bidang Angkutan Jalan Darat Dinhubkominfo Jateng Untung Sirinanto mengatakan ada 3.000-an posko mudik yang berada di jalur-jalur utama, alternatif dan lokasi keramaian sepert terminal, bandara, stasiun dan tempat wisata.

“Ribuan posko mudik itu akan melayani pemudik yang melintas di Jawa Tengah baik melalui jalur utama ataupun jalur alternatif,” tandasnya di Semarang, baru-baru ini.

Posko mudik itu, dijelaskannya, selain milik Dinas Perhubungan juga ada dari TNI/Polri, Dinas Kesehatan, Palang Merah Indonesia (PMI) serta dari sejumlah instansi swasta misal dari perusahaa makanan dan minuman serta perusahaan otomotif.

“Tiga ribuan posko mudik itu ada yang dari perusahaan swasta, dan banyak juga dari lembaga masyarakat lainnya di samping posko milik Polri dan Dinas Perhubungan,” terangnya.

Lebih lanjut, kata Untung, sebagai pengatur semua posko mudik akan ada posko komando yang didirikan Pemprov Jateng untuk memantau kelancaran arus kendaraan yang masuk di wilayah Jawa Tengah. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaPT KAI Kerahkan 800 Personil Amankan Angkutan Lebaran 2016
Artikel selanjutnyaTerapkan Extra Flight, Bandara A Yani Atur Slot Time Penerbangan