Pasokan Cukup, Harga Daging Ayam Diprediksi Turun

Semarang, Idola 92.6 FM – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah memprediksi harga daging ayam akan turun menjelang Lebaran 2016.

“Saat ini stok ayam potong cukup untuk 14 hari ke depan, dan akan bertambah di pertengahan bulan Juni hingga awal Juli 2016. Jadi, saya prediksi harga daging ayam akan turun menjelang lebaran,” kata Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Jawa Tengah Agus Wariyanto di Semarang, Kamis (9/6).

Sementara, lanjut Agus, untuk ketersediaan telur ayam selama bulan Ramadan hingga Lebaran nanti sebanyak 16.000 ton. Khusus untuk telur ayam, menurutnya tidak ada ada masalah pasokan, karena setiap hari bisa dipanen dan saat ini sudah tersedia 20.000 ton.

Diketahui sebelum memasuki bulan Ramadan sampai minggu pertama bulan suci ini harga daging ayam potong mengalami kenaikan lima persen di pasar tradisional di Jawa Tengah.

Akibatnya, masyarakat banyak yang mengeluh karena daging ayam potong makin mahal harganya. Faktor yang menyebabkan naiknya harga daging ayam potong tidak lain karena mahalnya harga pakan ternak seperti jagung.

Selain itu, kebutuhan masyarakat terhadap daging ayam yang tinggi setiap bulan Ramadan namun tidak dibarengi dengan kesiapan pasokan, sehingga otomatis harga melambung. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaJika Daging Sapi Kurang, Pemprov Jateng Siapkan Skenario Pasar
Artikel selanjutnyaKOSKOSAN (Kisah-Kisah Selingan) – Abu Nawas Hendak Dijadikan Bubur