Pemerintah Diminta Tingkatkan Mudik Gratis Untuk Pemotor

Semarang, Idola 92.6 FM – Pengamat transportasi dari Universitas Katolik Soegijapranata Semarang, Djoko Setijowarno di Semarang, Rabu (4/5) meminta pemerintah agar meningkatkan penyelenggaraan mudik gratis yang menyasar pengguna sepeda motor dimusim lebaran tahun ini.

Upaya peningkatan penyelenggaraan diharapkan membuat para pemudik beralih menggunakan angkutan umum, misalnya kereta api atau kapal letika hendak melakukan perjalanan jarak jauh.

“Tahun kemarin, lima belas persen kasus kecelakaan saat lebaran didominasi sepeda motor. Ini menjadi catatan bagi pemerintah, untuk terus melakukan perbaikan layanan,” tandas Djoko.

Untuk kereta api misalnya, kata Djoko, yang secara rutin setiap menjelang lebaran selalu menyediakan angkutan gratis bagi pemudik agar menambah jumlah rangkaian kereta yang mengangkut sepeda motor.

Sementara Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan mengklaim akan menyediakan lima belas ribuan kuota untuk mengangkut sepeda motor milik pemudik. Baik yang dari arah Jakarta, Surabaya ataupun wilayah timur lainnya.

Bahkan yang di jalur selatan juga bisa memanfaatkan layanan pengangkutan sepeda motor pemudik dengan berbagai tujuan.

Sepeda motor dianggap moda transportasi murah meriah sehingga banyak dipakai para pemudik untuk pulang ke kampung halaman saat Lebaran. Padahal berdasarkan data yang ada dari setiap musim lebaran, korban kecelakaan di jalan paling banyak dari pengendara sepeda motor. (Budi Aris/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaDitjen Pajak Gijzeling Wajib Pajak Yang Tidak Setor
Artikel selanjutnyaMenkopolhukam Ingin Verifikasi Jumlah Korban 1965