Tahun 2016, REI Jateng Target Bangun 10.384 Rumah Sederhana FLPP

Semarang, Idola 92.6 FM – DPD Real Estate Indonesia (REI) Jawa Tengah berharap pembangunan rumah sederhana Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) bisa sesuai target sebanyak 10.384 unit rumah.

“Pemerintah melalui Kementerian PU PR sudah menyediakan dana cukup besar. Jika dananya terserap, maka pembangunan rumah FLPP bisa sesuai target,” kata Ketua DPD Real Estat Indonesia (REI) Jawa Tengah Prijanto di Semarang, Rabu (25/4).

Seperti diketahui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU PR) telah menyiapkan dana sekitar Rp 21 triliun untuk program Satu Juta Rumah di 2016.

Prijanto menambahkan, sampai dengan saat ini ada 1,4 juta angka backlog atau defisit ketersediaan rumah di Jawa Tengah. Dengan demikian sebanyak 1,4 juta keluarga di Jawa Tengah belum memiliki rumah.

Sementara, lanjut Prijanto, setiap tahunnya ada 76 ribu unit kebutuhan rumah baru. Jika dana yang disediakan Kemen PU PR benar-benar terserap maka defisit ketersediaan rumah di Jawa Tengah bisa berkurang.

Lebih lanjut Prijanto menjelaskan, pada 2015 kemarin pihaknya hanya mampu membangun 3.683 rumah sederhana FLPP. Sementara untuk rumah menengah, REI Jawa Tengah baru membangun 1.904 unit dari 4.093 unit yang direncanakan. (Budi Aries/Diaz Abidin/Heri CS)

Artikel sebelumnyaMusim Lebaran, Tol Bawen-Salatiga Siap Digunakan Pemudik
Artikel selanjutnyaLima Kabupaten Belum Siap Anggaran Pengawasan Pilkada