Tahun Depan, TPKS Operasikan 20 Alat Bongkar Muat Canggih

Semarang, Idola 92.6 FM – Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS) segera merealisasikan penambahan 9 alat bongkar muat canggih baru Automated Rubber Tyred Gantry (ARTG).

ARTG itu berfungsi untuk memangkas dweeling time dengan mempercepat proses bongkar muat di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Penambahan itu sudah masuk dalam rencana program kerja TPKS, jadi juga bukan hal yang mendesak karena untuk mengejar program tol laut. Saat ini sudah ada 11 ARTG, tahun depan semoga bisa terealisasi sehingga total 20 ARTG sudah bisa dioperasionalkan pada tahun depan,” ucap General Manager TPKS, Erry Akbar Panggabean di Semarang, baru baru ini.

Erry berharap, dengan penambahan 20 ARTG di TPKS bisa memberikan pelayanan lebih kepada para pelaku usaha di Jawa Tengah.

Dengan usaha itu, diharapkan juga para pengusaha di Jawa Tengah akan mengutamakan Pelabuhan Tanjung Emas Semarang ketimbang Tanjung Priok di Jakarta dan Tanjung Perak di Surabaya.

Erry menambahkan, modernisasi peralatan itu bisa berkontribusi dalam menurunkan dwelling time. Namun demikian, proses menekan dwelling time tidak akan berjalan sukses tanpa dukungan pihak lain seperti pengurusan dokumen di Bea Cukai dan Karantina. (Budi A/Diaz A/Heri CS)

Artikel sebelumnyaKegiatan Ekonomi Masyarakat Tidak Terpengaruh Pilkada 2017
Artikel selanjutnyaApindo Jateng: 95 Persen Pengusaha Akan Ikut Amnesti Pajak Tahap Kedua