BPJS Ketenagakerjaan Terus Rangkul Perangkat Desa di Jateng Ikut Program Jaminan Sosial

Semarang, 92.6 FM-Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Tengah-DIY Irum Ismantara mengatakan, pihaknya terus merangkul para perangkat desa menjadi peserta jaminan sosial. Pihaknya optimistis, mampu merealisasikan target keanggotaan aktif pada tahun ini sebanyak 773.623 tenaga kerja. Salah satunya adalah dengan menggandeng para perangkat desa, mulai dari kepala desa sampai pegawai kelurahan paling rendah

Menurutnya, dengan Alokasi Dana Desa yang sudah diterima, bisa untuk membayarkan iuran kepesertaan jaminan sosial. Dengan semakin banyak perangkat desa menjadi peserta jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan, maka ada jaminan perlindungan sosial yang bisa dirasakan manfaatnya.

“Seluruh perangkat desa kami cover program jaminan sosial. Mulai dari kepala desa sampai pegawai rendahan di kelurahan. Harapannya, semua perangkat desa di Jateng-DIY bisa ikut program jaminan sosial,” kata Irum.

Selain merangkul para perangkat desa, lanjut Irum, BPJS Ketenagakerjaan juga menjalin kerja sama dengan Pemkot Surakarta untuk melindungi pedagang Pasar Klewer. Untuk pembayaran iuran bulanannya, BTN digandeng dengan sistem debet rekening otomatis yang biasa digunakan untuk membayar retribusi bulanan pasar.

Selain itu, Bank Jateng juga diajak ikut kerja sama melalui program bina lingkungan untuk melindungi tenaga kerja informal sebanyak tujuh ribuan orang melalui stimulus iuran. Para pekerja informal yang distimulus dan rentan kecelakaan kerja itu di antaranya adalah pedagang sayur dan tukang sapu di pasar. (Bud)

Artikel sebelumnyaKomisi E Merekomendasikan Gubernur Tidak Berlakukan Permendikbud 23 Tahun 2017 di Jawa Tengah
Artikel selanjutnyaMendorong Sinkronisasi Data Pangan Nasional Sebagai Upaya Mewujudkan Kedaulatan Pangan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini