Danrem 074/Warastrama Yang Baru Diminta Bisa Wujudkan Rasa Aman di Wilayah Surakarta

Semarang, 92.6 FM-Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Tatang Sulaiman melantik Kolonel Inf Widi Prasetijono menjadi Danrem 074/Warastrama, menggantikan Kolonel Inf Maruli Simanjuntak, di serambi Makodam, Jumat (23/6). Hadir dalam acara serah terima jabatan itu, Kasdam IV/Diponegoro, Danrem 072/Pamungkas, Irdam IV/Diponegoro, para danrem, asisten, staf ahli, staf khusus dan perwira liaison serta kabalak dan komandan satuan di jajaran Kodam IV/ Diponegoro serta ketua Persit Kartika Chandra Kirana Daerah IV/Diponegoro beserta segenap pengurus.

Dalam serah terima jabatan itu, pangdam memerintahkan kepada Kolonel Inf Widi Prasetijono sebagai Danrem 074/Warastratama yang baru, agar semakin proaktif mengaktualisasikan peran bersama aparat pemerintah daerah dan Polri serta komponen masyarakat lainnya. Sehingga, mampu mewujudkan kondisi aman dan rasa aman di masyarakat.

Menurut Tatang, wilayah Korem 074/Warastratama mempunyai nilai strategis bagi kepentingan pertahanan maupun pembangunan perekonomian. Selain itu, wilayah Korem 074/Warastratama merupakan wilayah yang perlu dicermati dan diperhatikan secara khusus. Karena, wilayah ini termasuk rentan terhadap pengaruh dari luar yang sering berdampak secara langsung di wilayah ini. Akibatnya, bisa berpengaruh terhadap bergesernya tata nilai, sikap dan perilaku masyarakat Surakarta yang terkenal sopan santun, keramahtamahan dan kesetiakawanan sosial yang tinggi.

“Kemajemukan masyarakat dengan berbagai aspek permasalahannya harus bisa diramu menjadi kekuatan, yang mampu menepis berbagai kerawanan yang sering kali dieksploitasi pihak tertentu secara tidak bertanggungjawab. Upaya proaktif dalam membangun rasa kebersamaan, kekeluargaan dan kesetaraan di daerah ini, merupakan agenda yang sangat penting dalam menyikapi atau memahami perbedaan dan persoalan sosial lainnya secara jernih, kritis dan konstruktif,” kata Tatang dikutip dari rilis yang diterima Radio Idola.

Diketahui, serah terima jabatan merupakan hal yang biasa di tubuh TNI. Kolonel Inf Maruli Simanjuntak, selanjutnya mendapat kepercayaan menjabat sebagai Wakil Komandan Paspampres. (Bud)

Artikel sebelumnyaAsuransi Jiwa Bumiputera Berangkatkan 1.500 Pemudik Sekaligus Sosialisasikan Produk Asri
Artikel selanjutnyaAntisipasi Lonjakan Permintaan BBM di Jalan Darurat Batang-Gringsing, Pertamina Siapkan 200 Operator Untuk Layani Pemudik
Wartawan senior Radio Idola Semarang.