Dinkop dan UMKM Jateng Akan Temukan 60 Dubes Dengan Para Pelaku UKM

Semarang, 92.6 FM-Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jawa Tengah Ema Rachmawati mengatakan sebagai bentuk fasilitasi dan dukungan kepada para pelaku usaha kecil dan menengah (UKM) melakukan ekspansi pasar luar negeri, pihaknya terus melakukan dorongan. Salah satunya, mengajak sejumlah pelaku UKM dari seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah bertemu dengan 60 duta besar negara sahabat di Jakarta, November 2017 mendatang.

Menurut Ema, kegiatan itu sangat penting bagi pelaku UKM untuk test product yang dimilikinya sebelum dijual ke pasar luar negeri. Sehingga, produk-produk yang dihasilkan UKM Jawa Tengah bisa dipasarkan dan diminati masyarakat luar negeri.

“Tahun ini akan kita adakan event yang mengundang para duta besar dengan melibatkan pelaku UKM siap ekspor. Acaranya pada November 2017 nanti, dengan mengundang 60 duta besar. Namanya update from the region,” kata Ema, Kamis (7/9).

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jateng Arif Sambodo menambahkan, pihaknya juga mendorong pelaku UKM aktif memasarkan produknya. Terutama produk tekstil yang merupakan produk unggulan di Jawa Tengah.

Menurutnya, dari tujuh ribuan UKM tekstil di Jawa Tengah yang terdaftar di Dinperindag, hanya 20 persen sudah menembus pasar ekspor. Sedangkan sisanya masih pasar domestik dan lokal saja. (Bud)

Artikel sebelumnyaSopir Taksi Jateng Desak Ganjar Terbitkan Pergub Tentang Penertiban Taksi Online
Artikel selanjutnyaFKUB Minta Pemprov Jateng Bentuk Paguyuban Lintas Agama Hingga Kecamatan