Gubernur Optimistis Jalan Tol Semarang-Batang Bisa Digunakan Saat Arus Mudik Lebaran Secara Fungsional

Batang, Idola 92.6 FM – Jalan tol Semarang-Batang direncanakan bisa dilalui para pemudik saat Lebaran nanti, meski hanya sebatas fungsional saja.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan, jalan tol Semarang-Batang secara fungsional sudah bisa dilalui kendaraan pribadi para pemudik saat Lebaraan 2017 nanti. Menurutnya, pada H minus 10 nanti sudah bisa dilalui dan akan dioptimalkan bisa selesai.

Ganjar menjelaskan, jalan tol Semarang-Semarang seksi IV dan V secara fisik pembangunannya sudah mencapai 30 persen. Sedangkan secara keseluruhan, dari Semarang-Batang baru 25 persen bisa dilalui hingga sampai Gringsing Kendal, mulai dari Brebes Exit Timur. Sementara, untuk seksi III dan IV karena masih ada kendala pembebasan lahan sepanjang enam kilo meter, maka akan menunggu konsinyasi dari pengadilan.

“Pembebasan tanah secara keseluruhan sudah 90 persen lebih, pembayarannya juga dilakukan tiap hari terus menerus. Nanti akan ada skenario optimis dari arah barat ke luar di Gringsing dan kemudian ke jalan utama,” kata Ganjar.

Terkait dengan pembebasan lahan yang belum mencapai 100 persen, politikus PDIP itu meminta kepada Badan Pertanahan Nasional, agar segera menyelesaikannya. Diperlukan pendekatan kepada para pemilik lahan yang belum bersedia menerima ganti rugi terkait proses pembayarannya. Karena, jika sudah masuk di jalur hukum di pengadilan, maka harganya akan di bawah penawaran sebelumnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaRadikalisme Ancam Hak-Hak Perempuan
Artikel selanjutnyaPakai Lean Concrete, Tol Semarang-Batang Bisa Dilalui Jadi Jalur Fungsional Lebaran

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini