Pasar Malaysia Dibidik Pelaku UMKM Kota Semarang

Semarang, Idola 92.6 FM – Ketua UKM dan Koperasi Kadin Kota Semarang Naneth Ekopriyono mengatakan penjajakan pasar Malaysia dilakukan, karena masyarakatnya juga menyukai produk-produk dari Indonesia. Terutama produk pelaku UMKM. Sehingga, pihaknya menjalin kerja sama dengan asosiasi muslim bisnis di Malaysia, dalam rangka memasarkan produk pelaku UMKM asal Kota Semarang.

Menurutnya, pasar Malaysia merupakan pasar yang potensial untuk digarap para pelaku UMKM menjajal produknya dijual di Negeri Jiran. Sehingga, Kadin Kota Semarang melakukan penjajakan pasar di Kuala Lumpur, Malaysia.

Dengan menjalin kerja sama itu, jelas Naneth, kedua pihak akan saling bertukar informasi mengenai produk yang dibutuhkan masyarakat Malaysia. Harapannya, produk yang dikirim ke Malaysia benar-benar bisa diterima pasar.

“Kami cukup optimistis UKM untuk tembus pasar Malaysia. Kami harap, dengan terobosan Kadin Kota Semarang menggandeng pelaku UKM menembus pasar Malaysia bisa berhasil. Karena, dengan kerja sama yang sudah dibuat itu pelaku UKM tidak perlu mengekspor produknya satu kontainer besar,” kata Naneth.

Lebih lanjut Naneth menjelaskan, produk milik UMKM Kota Semarang yang potensial dijual kepada masyarakat Malaysia adalah produk makanan kemasan, membuka restoran di Kuala Lumpur dan juga kerajinan tangan.

Kadin Kota Semarang tetap akan melakukan pendampingan kepada pelaku UMKM yang berjualan ke Malaysia. Hal itu dilakukan, untuk mencegah adanya pesanan fiktif yang merugikan UMKM. (bud)

Artikel sebelumnya[PhotoEvent] Panggung Civil Society November 2017
Artikel selanjutnyaKeberadaan Tenaga Pendamping Desa Jangan Dipolitisasi