Akhirnya, Karanganyar Ada Dua Pasangan Yang Maju di Pilkada

Semarang, Idola 92.6 FM-Secara resmi, Wakil Bupati Karanganyar Rohadi Widodo bersama Ida Retno Wahyuningsih mendaftarkan di menit-menit terakhir ke kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Rohadi-Ida diusung PKS dan Gerindra. Sehingga, Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Karanganyar diikuti dua pasangan calon.

Komisioner KPU Jateng Muslim Aisha mengatakan pasangan yang terakhir mendaftarkan itu, dianggap sah karena sudah memenuhi kuota minimal kursi partai pengusung. PKS dengan enam kursi di parlemen dan Gerindra memiliki empat kursi.

Dengan demikian, jelas Muslim, KPU Karanganyar bisa menggelar pemeriksaan kesehatan terhadap kedua pasangan tersebut di RSUD dr Moewardi Solo. Sedangkan berkas pencalonan dari masing-masing pasangan dilakukan verifikasi.

“Kalau kemarin diterima, artinya surat dari DPP Partai Gerindra ada. Ini berkaitan dengan syarat pencalonan. Artinya, ada bongkar koalisi sebelumnya,” kata Muslim, Kamis (18/1).

Lebih lanjut Muslim menjelaskan, pemeriksaan kesehatan yang akan dijalani sama dengan calon lain di enam daerah lainnya di Jateng. Yakni pemeriksaan bebas narkotika, tes psikologi dan pemeriksaan jasmani. (Bud)