Cawagub Ida Sebut Seni Ketoprak Bisa Jadi Wahana Belajar Sejarah Generasi Muda

Pati, Idola 92.6 FM – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Ida Fauziyah mengatakan seni budaya leluhur yang sampai sekarang masih dipertahankan adalah ketoprak, masih diminati dan mendapat tempat di hati masyarakat. Sehingga, budaya ketoprak sangat cocok sebagai wahana di dalam pembelajaran bagi generasi muda sekarang.

Menurutnya, menikmati ketoprak sangat penting bagi generasi muda. Pernyataan itu dikatakannya, ketika menghadiri sedekah laut di Desa Alasdowo, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, belum lama ini.

Ida menyebut, seni budaya ketoprak bukan kesenian sembarangan. Sebab, dari seni budaya ketoprak bisa belajar tentang nilai-nilai kearifan kepahlawanan.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa itu menjelaskan, pemerintah daerah juga sudah seharusnya memberikan ruang kepada grup-grup ketoprak yang masih eksis untuk terus berkarya dan menghibur masyarakat.

Oleh karena itu, jelas Ida, ia mengapresiasi Pemkab Pati yang masih memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk bisa menikmati budaya ketoprak.

“Saya turut bangga, turut bahagia karena di Pati ini termasuk kabupaten yang luar biasa memberikan kesempatan kepada generasi muda untuk bisa menikmati budaya yang sangat luar biasa. Budaya kita jauh luar biasa dibanding negara lain. Kalau belajar tentang kepahlawanan bisa dari cerita-cerita ketoprak,” kata Ida di Pati.

Lebih lanjut, pasangan dari Sudirman Said itu menjelaskan, keberadaan grup-grup ketoprak yang masih aktif bisa menjadi bagian untuk mengenalkan budaya kepada generasi muda. Bahkan, juga bisa mengikis budaya luar yang belum tentu baik untuk generasi muda sekarang. (Bud)

Artikel sebelumnyaKPU Jateng Siapkan Tema Debat Ketiga
Artikel selanjutnyaGanjar Inginkan Hasil Survei Terakhir Jadi Kenyataan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini