Cegah Kebakaran, Instalasi Listrik di Pasar Tradisional Perlu Diaudit

Semarang, Idola 92.6 FM – Setiap Dinas Pasar di seluruh kabupaten/kota diharapkan, untuk memeriksa dan memastikan jaringan listrik di pasar tradisional aman dari bahaya kebakaran. Hal itu dikatakan Sekretaris Daerah Jawa Tengah Sri Puryono, menanggapi kasus kebakaran yang terjadi di Mal Matahari Kudus belum lama ini.

Menurut Sri, pemeriksaan instalasi listrik itu bisa dilakukan secara periodik dan menggandeng pihak lain, misalnya PLN. Sehingga, gangguan jaringan kabel listrik atau instalasi tidak sesuai aturan bisa dilakukan pencegahan.

Sri Puryono juga meminta kepada para pedagang di pasar tradisional, agar tidak melakukan penyambungan listrik asal-asalan. Sebab, meski terbilang sepele, namun jika sampai menimbulkan kebakaran akan menyusahkan banyak pihak.

“Khusus kebakaran yang karena korsleting listrik di pasar-pasar kan sering terjadi karena itu, nyambung listrik sak karepe tidak memerhatikan keselamatan dan keamanan. Sehingga, kalau sudah kejadian kan repot semua. Saya minta temen-temen (Dinas Pasar) untuk diaudit jaringan listriknya di pasar-pasar,” kata Sri, Senin (5/3).

Lebih lanjut Sri Puryono menjelaskan, apabila pengecekan dan pemeriksaan instalasi listrik bisa dilakukan dengan teratur maka bahaya kebakaran bisa dicegah.

Diwartakan sebelumnya, Matahari Mal Kudus mengalami kebakaran, Jumat (23/2) kemarin. Polres Kudus bersama Labfor Mabes Polri Semarang yang menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) memeriksa lokasi dan memintai keterangan enam orang saksi. (Bud)

Artikel sebelumnyaBuat 3 Kali Debat Kandidat Pilgub, KPU Cari Media Penyiaran Yang Mumpuni
Artikel selanjutnyaHadapi Pelanggar Arogan, Kapolda Ingatkan Anggota Jangan Sampai Terpancing

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini