Ganjar: Saya Ingin Pariwisata Jateng Dapat Berkah Dari Tol Semarang-Solo

Sejumlah pekerja terlihat mengebut pengerjaan di Simpang Susun Boyolali, Jumat (14/12).

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan ruas tol Semarang-Solo sudah dikatakan 100 persen selesai pengerjaannya, dan siap dioperasionalkan sebelum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Hal itu disampaikannya saat melakukan peninjauan di ruas jalan tol Salatiga-Kartasura di Jembatan Kalikenteng, Jumat (14/12).

- Advertisement -

Ganjar menjelaskan, apabila jalan tol Semarang-Solo tersambung saat libur akhir tahun, yang akan digaet adalah potensi pariwisata di kedua wilayah. Sehingga, perekonomian daerah sekitar yang berdekatan dengan tempat wisata akan bergeliat.

“Tentu, kita akan sambut dengan peran pemerintah daerah dan juga stakeholder yang bermain di sektor pariwisata bisa menawarkan kepada masyarakat luar Jateng. Sehingga, untuk rute-rute atau jalan-jalan bisa didorong. Beberapa kali setiap mudik Dinas Pariwisata kita itu membuat peta wisata, dan dikasihkan pada masyarakat. Sehingga, saat pulang mereka bisa menggaet potensi pariwisata. Mudah-mudahan besok kembali bisa kita buat,” kata Ganjar.

Gubernur Ganjar Pranowo saat meninjau ruas tol Salatiga-Kartasura di Jembatan Kalikenteng, Jumat (14/12).

Lebih lanjut Ganjar menjelaskan, dengan tersambungnya jalan tol Semarang-Solo, maka bisa memecah kepadatan di jalan arteri Semarang-Solo.

“Waktu tempuh akan semakin cepat, 1,5 jam dari Semarang ke Solo atau sebaliknya. Saya sudah coba dua kali, dan ini sangat bagus sekali,” ujarnya.

Sementara itu, Pimpro Jasamarga Solo-Ngawi Eddy Priyono Broto menambahkan, ruas tol Salatiga-Kartasura merupakan bagian dari jalan tol Semarang-Solo sepanjang 75,7 kilometer. Sedangkan panjang ruas tol Salatiga-Kartasura 32,6 kilometer, dan diharapkan pada 15 Desember 2018 seluruh pengerjaan kecil selesai.

“Yang ada hanya pekerjaan perbaikan kecil-kecil, ada drainase yang berlum disambung dan pemasangan rambu-rambu. Targetnya, sebelum diresmikan sudah selesai,” ucap Eddy. (Bud)