Karena Hujan, Penjualan Rumah Selama Pameran Anjlok

Semarang, Idola 92.6 FM – Panitia Property Expo Semarang (PES) Juremi mengatakan dirinya mengaku terkejut, dengan perolehan penjualan rumah yang masih belum mengalami pertumbuhan di awal tahun ini.

Menurutnya, PES kedua tahun ini di Atrium Mal Ciputra sejak 15-26 Februari 2018 hanya mampu membukukan transaksi penjualan rumah sebanyak 22 unit saja. Padahal, pihak penyelenggara menargetkan mampu menjual 70 unit rumah selama pameran.

Menurutnya, di awal tahun memang diakuinya masyarakat masih belum terlalu memikirkan untuk membeli rumah. Namun, penurunan penjualannya tidak sampai drastis dibanding pameran sebelumnya.

Pada pameran perumahan yang digelar di bulan sebelumnya, jelas Juremi, mampu membukukan transaksi penjualan rumah sebanyak 30 unit. Dan perolehan tersebut dianggap hampir sama dengan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Dirinya justru menyebut, jika anjloknya penjualan rumah di pameran periode kedua itu karena faktor cuaca. Sebab, sejak digelar di hari pertama hingga menjelang penutupan, kondisi cuaca di Semarang terus turun hujan.

“Faktor cuaca yang sering hujan saat pameran, menjadi kendala masyarakat enggan datang dan melihat pameran perumahan kedua yang digelar. Akibatnya, penjualan rumah saat pameran turun dan hanya terjadi 22 transaksi. Di samping itu, faktor cuaca juga membuat developer mengalami keterlambatan dalam pembangunan rumah,” kata Juremi.

Lebih lanjut Juremi menjelaskan, turunnya penjuala rumah hampir terjadi di semua segmen di Jawa Tengah. Baik rumah murah maupun rumah komersial. Namun, untuk rumah komersial masih tertolong meski tidak ada pameran. (Bud)

Artikel sebelumnyaMenjaga Warisan Toleransi
Artikel selanjutnyaKasus Eksploitasi Seksual Anak Meningkat, Polri-AFP Komitmen Peranginya