PLN Normalkan Kembali Pasokan Listrik Yang Sempat Terganggu

Semarang, Idola 92.6 FM – PLN berhasil menormalkan kembali jaringan dan pasokan listrik ke pelanggan, setelah terjadi gangguan pada Sistem Interkoneksi Jawa Bali yang mengakibatkan pengurangan pasokan di beberapa daerah di Jawa Tengah dan Yogyakarta, Rabu (5/9) malam.

Deputi Manajer Komunikasi dan Bina Lingkungan PLN Distribusi Jateng-DIY Hardian Sakti Laksana mengatakan pihaknya dengan cepat bisa mengatasi, dan memulihkan kembali pasokan listrik ke masyarakat yang sempat mengalami gangguan.

Menurutnya, wilayah Jateng-DIY yang sebelumnya mengalami kehilangan pasokan listrik sebesar 312 MW dari 3.964 MW itu berada di sisi bagian timur Jateng-DIY mengalami pengurangan pasokan karena asal gangguan terjadi di Jawa Timur.

“Pasokan listrik seluruh wilayah Jateng-DIY normal semua pada pukul 22:44 WIB,” kata Sakti dikutip dari rilis.

Lebih lanjut Sakti menjelaskan, penormalan kembali pasokan listrik ke pelanggan itu berkat adanya Sistem Island Proteksi pada Sistem Interkonesi Jawa Bali, sehingga gangguan tidak menyebar luas dan bisa diminimalkan.

“Sistem kelistrikan Jateng-DIY cukup handal, sehingga proses pemulihan bisa dilakukan dan berjalan lebih cepat,” ujarnya.

Sakti lebih lanjut menjelaskan, pihaknya terus berusaha dan berkomitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

Diketahui, pada Rabu (5/9) siang terjadi gangguan sistem pada saluran udara tegangan ekstra tinggi (SUTET) Kediri-Pedan. Akibat dari gangguan tersebut, beberapa pembangkit memengaruhi pasokan listrik seluruh Jawa-Bali.

Humas APD Jateng-DIY Fathur Rokhman menyatakan, akibat dari gangguan tersebut, pasokan listrik di wilayah kerja PLN Distribusi Jateng-DIY mengalami kehilangan pasokan sebesar 312 MW. (Bud)

Artikel sebelumnyaAda Gangguan Sistem Distribusi Tenaga Listrik, PLN Lost 312 MW
Artikel selanjutnyaUrgensi Transformasi Birokrasi di era Revolusi Industri 4.0