Dispermasdesdukcapil Jateng Siap Jemput Bola Untuk Warga Yang Belum Terima Atau Rekam KTP Elektronik

Semarang, Idola 92.6 FM – Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Kependudukan dan Catatan Sipil Jawa Tengah Sudaryanto mengatakan untuk proses perekaman KTP elektronik, di provinsi ini sudah mencapai 97 persen. Namun, beberapa daerah yang belum melakukan perekaman KTP elektronik juga masih cukup banyak.

Menurutnya, beberapa kabupaten/kota yang paling banyak warganya belum melakukan perekaman KTP elektronik adalah Kabupaten Brebes, Pemalang, Banyumas, Cilacap dan Kabupaten Tegal.

Sudaryanto menjelaskan, pihaknya menunggu kiriman blangko KTP elektronik dari Kemendagri agar semua warga yang wajib kartu identitas bisa terlayani. Sebab, di Jateng ada 834 ribu warga belum menerima kartu identitasnya meskipun sudah melakukan perekaman.

“Upaya kita koordinasi dengan pemerintah pusat, karena cetak full ada di Kemendagri. Mudah-mudahan ke depan ini kita dapatkan, karena setiap minggu dua kali saya minta 40 ribu lembar. Biar pelayanan KTP itu dimonitor. Kita kan punya Sidasi, Sistem Data Informasi yang mana blangko KTP kosong bisa diketahui. Di tiap-tiap kabupaten/kota kita punya,” kata Sudarwanto, Rabu (23/1).

Lebih lanjut Sudaryanto menjelaskan, pihaknya juga berupaya melakukan jemput bola terhadap warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik. Karena, data yang ada menyebutkan 201 ribuan jiwa warga Jateng belum rekam KTP elektronik.

“Yang belum melakukan rekam KTP elektronik itu kebanyakan kerja jadi TKW atau TKI. Ada juga yang kerja di Jakarta tapi belum pulang ke Jawa Tengah,” ujarnya.

Sudaryanto menjelaskan, dari 36,1 juta jiwa penduduk di Jateng yang wajib memiliki kartu identitas sebanyak 27 juta jiwa. Sedangkan warga yang sudah melakukan rekam KTP elektronik, sebanyak 26,7 juta jiwa. (Bud)

Artikel sebelumnyaBagaimana Meningkatkan Partisipasi Publik dalam Pemilu Raya dan Mengindari Golput?
Artikel selanjutnyaPotensi Panas Bumi Gunung Ungaran Segera Digarap PLN April 2019

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini