Ganjar Pranowo: LRT Jadi Solusi Kepadatan Lalu Lintas di Kota Besar

Semarang, Idola 92.6 FM – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pembangunan transportasi masal di Kota Semarang dan juga kota-kota besar di provinsi ini perlu mendapat dukungan, terutama untuk mengurangi kepadatan dan mengurai kemacetan di wilayah yang bersinggungan. Termasuk, pembangunan Light Rail Transit (LRT) di Kota Semarang mendapat dukungan dari Pemprov Jateng.

Ganjar Pranowo menjelaskan, memang saat ini pemerintah pusat sedang mengembangkan moda transportasi masal. Salah satunya adalah LRT, yang saat ini sudah terbangun di Palembang dan Jakarta.

Menurutnya, pemerintah pusat kini bersiap membangun proyek serupa di Surabaya, Bandung dan Medan.

Khusus untuk di Kota Semarang, jelas Ganjar, dirinya juga telah mendapat informasi dari Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi yang juga berniat membangun LRT sebagai transportasi masal bagi warga kotanya. Bahkan, konsep itu sudah disiapkan sejak lama dan maketnya juga telah dikeluarkan.

“Sebenarnya Pak Hendi, Wali Kota Semarang sudah menyiapkan itu sudah beberapa lama. Maketnya juga sudah dikeluarkan sama Pak Hendi. Tapi mungkin, lagi bicara tentang pembiayaan dengan pusat. Juga apakah nanti akan dibiayai negara atau investor. Tapi, Pak Hendi sudah menyiapkan lama dan sudah bicara serta minta dukungan saya. Dan kita dukung, karena Kota Semarang sudah perlu kayaknya,” kata Ganjar belum lama ini.

lebih lanjut Ganjar menjelaskan, pembangunan LRT di Kota Semarang masih terus dikebut dan masuk dalam pembahasan pembiayaan. Dirinya siap memberikan dukungan terkait program transportasi masal yang dikembangkan Pemkot Semarang itu, karena memang saat ini sangat dibutuhkan.

“Saya dukung penuh, karena Semarang memang sudah perlu. Nah, mungkin kalau Semarang sudah jadi bisa dikembangkan ke daerah lain. Bisa jadi ada LRT yang menghubungkan Solo dan Yogya,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaSosok Menteri Harapan Pengusaha
Artikel selanjutnyaInvestor Baru Lirik Jateng Setelah Tol Trans Jawa Nyambung

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini