Jelang Lebaran, Diler Mobil Genjot Penjualan

Pameran mobil yang digelar sejumlah diler di pusat perbelanjaan untuk mendongkrak penjualan menjelang Lebaran.

Semarang, Idola 92.6 FM – Meskipun pasar mobil Tanah Air tidak terlalu bagus di kuartal pertama tahun ini, namun sejumlah diler kendaraan di Jawa Tengah optimistis penjualan produknya bisa naik menjelang Lebaran.

Managing Director Nasmoco Group Fatrijanto mengatakan sejumlah upaya dilakukan, untuk bisa mendongkrak penjualan. Misalnya, dengan menggelar pameran di sejumlah pusat perbelanjaan di kota-kota besar di wilayah Jateng-DIY.

Menurutnya, pengalaman-pengalaman di tahun sebelumnya menjelang Lebaran penjualan mobil sedikit terangkat. Sebab, masyarakat banyak yang membutuhkan mobil baru untuk perjalanan mudik ke kampung halaman.

Fatrijanto menjelaskan, pada Lebaran tahun ini diprediksi akan ada kenaikan penjualan sebesar 40 persen dibanding bulan-bulan biasanya.

“Kuartal pertama ini enggak begitu bagus pasar mobil secara keseluruhan, karena Januari masih sepi dan Februari harinya pendek. Kemudian Maret sudah mulai naik penjualannya, dan menjelang Lebaran diharap bisa naik lagi. Dan biasanya, Lebaran memang bisa naik banyak antara 30-40 persen,” kata Fatrijanto belum lama ini.

Lebih lanjut Fatrijanto menjelaskan, pada periode Januari-Maret 2019 kemarin tercatat penjualan sebanyak enam ribu unit mobil.

General Manager Suzuki Semarang Joko Setiyono menambahkan, pihaknya juga melakukan langkah serupa untuk meningkatkan penjualan mendekati Lebaran tahun ini. Termasuk, dengan pemberian diskon khusus dan hadiah langsung bagi pembelian produk tertentu.

Joko mengakui, memang sejak 2018 hingga sekarang pasar mobil Tanah Air mengalami kelesuan. Hal itu juga dipengaruhi pasar mobil global, sehingga berimbas di dalam negeri.

“Ya karena banyak faktor, ya. Salah satunya kondisi ekonomi global yang tidak bagus. Terus tahun ini juga tahun politik, dan punya pengaruh terhadap penjualan,” ujar Joko.

Joko berharap, momentum menjelang Lebaran ini bisa dimanfaatkan masyarakat yang ingin membeli mobil baru dan juga masyarakat pemilik motor yang beralih ke mobil untuk berhari raya. (Bud)