Tips Aman dan Nyaman Saat Memilih Liburan ke Singapura

Perjalanan liburan ke Singapura bisa dilakukan dengan aman dan nyaman dengan mengikuti peraturan yang berlaku untuk para wisatawan mancanegara.

Perjalanan liburan ke Singapura seringkali menjadi pilihan berbagai wisatawan dari Indonesia. Selain jaraknya yang relatif dekat dari Indonesia, terkadang harga tiketnya pun seringkali lebih murah ketimbang harga tiket penerbangan domestik. Tidak heran kalau Singapura jadi salah satu destinasi wisata favorit.

- Advertisement -

Singapura juga menjadi negara yang cukup ramah terhadap wisatawan, baik yang pergi sendirian maupun dengan teman atau keluarga. Meski biaya hidup di Singapura juga terbilang tinggi, fasilitas yang ditawarkan juga sebanding. Bagi yang berencana liburan ke Singapura, berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan agar aktivitas tetap aman dan nyaman.

1. Pilih pakaian yang tepat

Singapura punya iklim cuaca yang sama dengan Indonesia yaitu iklim tropis dengan kisaran suhu dari 26 – 34 derajat Celcius. Bagi wisatawan di Asia Tenggara, khususnya Indonesia, pasti tidak mengalami kesulitan saat haru packing pakaian untuk dibawa liburan ke Singapura. Ya, pakaian yang perlu dibawa hanya pakaian sehari-hari.

Tingkat kelembapan di luar ruangan juga cukup tinggi. Bagi yang sudah menyiapkan itinerary untuk mengunjungi beberapa tempat outdoor, membawa beberapa kaos tambahan untuk ganti bisa jadi ide bagus. Berjaga-jaga saat matahari sedang terik, bisa bawa topi atau payung. Meski begitu, tidak ada salahnya untuk tetap menyiapkan jaket atau sweater jika temperatur cuaca sedang menurun.

2. Siapkan biaya cadangan

Seperti yang sudah disebutkan di awal, biaya hidup di Singapura cukup tinggi. Meskipun banyak maskapai penerbangan seperti singapore airlines dengan berbagai tawaran promo tiket murahnya, tetap hitung biaya liburan dengan perencanaan yang baik. Sekilas perjalanan ke Singapura mungkin terlihat ramah dan akan aman-aman saja, tetapi persoalan biaya bukan merupakan hal yang bisa dianggap enteng, terlebih lagi saat ingin bawa banyak oleh-oleh untuk teman dan keluarga.

Oleh karena itu, hal terpenting yang harus disiapkan agar perjalanan liburan tetap nyaman adalah membawa biaya cadangan. Ya, biaya cadangan ini termasuk biaya beli oleh-oleh, extra baggage, sampai biaya asuransi. Kelebihan bagasi mungkin sudah tidak terlalu dikhawatirkan karena layanan online travel agent seperti Traveloka sudah menyediakan layanan ini untuk berbagai maskapai penerbangan. Jadi, perencanaan kelebihan biayanya bisa disiapkan sebelum keberangkatan.

3. Gunakan transportasi umum

Transportasi umum di Singapura merupakan pilihan akomodasi perjalanan yang paling nyaman, murah, dan aman. Sistem transportasi Singapura juga sudah terintegrasi dengan baik sehingga penggunaan bus, kereta bawah tanah, taksi, dan peminjaman sepeda bisa dipakai dengan mudah untuk kebutuhan para wisatawan. Pembayaran transportasi juga bisa dilakukan dengan mudah menggunakan uang elektronik dalam bentuk kartu.

Bagi yang sudah familier dengan penggunaan transportasi online, layanan ini juga bisa dinikmati di Singapura. Tidak perlu repot lagi menghitung biaya perjalanan karena sudah dapat perkiraan biayanya sejak awal memesan. Berbeda dengan taksi konvensional, mungkin harus menyiapkan biaya lebih sesuai argo yang berlaku. Meski begitu, semua layanan bisa dinikmati tanpa harus menambahkan tip. Jadi, tidak masalah saat belum punya pecahan uang kecil untuk pakai transportasi online setibanya di bandara dan baru akan pindah penginapan.

Berkunjung ke Singapura menjadi pilihan banyak orang yang ingin merasakan gaya hidup lebih nyaman dengan berbagai keteraturannya. Meski kunjungan ke Singapura merupakan penerbangan internasional pertama bagi wisatawan, sistem transportasi dan akomodasinya bisa dipilih sebagai alternatif utama dan pastinya tidak akan menyulitkan. (F98)

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini