Antisipasi Penyebaran Virus Korona, Dirjen Hubdar Minta Angkutan Darat Sediakan Cairan Pembersih

Budi Setiyadi
Budi Setiyadi, Dirjen Perhubungan Darat.

Semarang, Idola 92,6 FM – Kementerian Perhubungan melakukan pencegahan dan antisipasi, terkait penyebaran virus Korona. Terutama, angkutan masal yang digunakan masyarakat beraktivitas.

Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan seluruh pengusaha bus maupun Balai Pengelola Transportasi Darat dan perusahaan angkutan umum lainnya serta penyelenggara angkutan sungai dan penyebaran melakukan upaya pencegahan penyebaran virus Korona.

Budi Setiyadi menjelaskan, pihaknya sudah mengeluarkan surat efaran terkait antisipasi pencegahan penyebaran virus Korona di sarana dan prasarana transportasi darat. Pemeriksaan kesehatan di terminal maupun pelabuhan penyeberangan mutlak dilakukan, karena merupakan perlintasan masyarakat keluar masuk dari daerah satu ke daerah lainnya.

Menurutnya, dengan pengamanan maksimal ini bisa mencegah penularan virus Korona.

“Surat edaram sudah saya berikan kepada operator kendaraan bus, ataupun yang kapal penyeberangan atau feri. Saya minta mereka juga melakukan pencegahan, dengan melakukan sterilisasi untuk pencegahan yang Korona ini. Yang dilakukan itu biasanya mereka melakukan pengecekan terhadap suhu tubuh, dan menyiapkan hand sanitizer di masing-masing kapal serta dermaga. Saya berharap, di semua bus dan terminal bisa melakukan hal yang sama,” kata Budi di Semarang.

Budi lebih lanjut menjelaskan, pihaknya berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan di masing-masing daerah dan para penyedia transportasi umum dalam penyediaan cairan pembersih tangan dan pengecekan suhu tubuh.

“Kegiatan lainnya bisa secara rutin memberikan alat tap on gate, tempat duduk, pintu, jendela dan pengangan penumpang lainnya dengan desinfektan. Itu bisa dilakukan baik sebelum dan sesuah beroperasi,” jelasnya.

Namun demikian, Budi berharap masyarakat bisa menjaga kebersihan dan menjaga etika saat batuk dan bersin. (Bud)

Artikel sebelumnyaDeteksi Pencegahan Penyebaran Virus Korona, Pemprov Jateng Minta Masyarakat Isi Aplikasi Self Asessment
Artikel selanjutnyaCek Kesehatan Pekerja, Pertamina Monitor Lewat MyDoctor

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini