Dinas Perhubungan Jateng Siapkan Pos Pantau

Satriyo Hidayat
Satriyo Hidayat, Kepala Dinas Perhubungan Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Menyambut libur panjang pekan ini, Dinas Perhubungan Jawa Tengah menyiapkan pos pantau yang ditempatkan di sejumlah lokasi. Tercatat ada tiga pos pantau yang didirikan, dan setiap pos pantau dijaga enam orang petugas selama 24 jam.

Kepala Dinas Perhubungan Jateng Satriyo Hidayat mengatakan peningkatan volume kendaraan saat libur panjang pekan ini, akan terjadi pada Selasa (27/10) atau sehari sebelum waktu cuti bersama dimulai pada Rabu (28/10). Diperkirakan, jumlah kendaraan yang masuk dan melintas di Jateng mengalami peningkatan antara 10-40 persen dari volume arus lalu lintas biasanya.

Satriyo menjelaskan, selain mendirikan pos pantau di sejumlah titik juga akan dilaksanakan pos monitoring bergerak bersama aparat kepolisian. Setidaknya ada enam wilayah yang menjadi perhatian dari pos monitoring bergerak tersebut.

Menurutnya, pos monitoring bergerak akan memantau di Pertigaan Kartasura arah Tawangmangu, Bandungan dan Dusun Semilir di Bawen, serta di Belik-Owabong, Banyumas.

“Orang mulai bergerak kemungkinan hari Selasa. Walau ada yang berasumsi Jumat sebelumnya. Bahwa kita akan menggelar posko di lapangan, mulai tanggal 27 Oktober pagi di hari Rabu sampai Senin pagi. Kita akan melakukan pos pantau di Exit Tol Brebes, GT Kalikangkung dan Pertigaan Bawen. Pos pantau sifatnya untuk melihat kenaikan volume arus lalu lintas, dan melakukan rekayasa arus lalu lintas,” kata Satriyo, Senin (26/10).

Lebih lanjut Satriyo menjelaskan, pihaknya juga menjalin kerja sama dengan Dinas Kesehatan Jateng untuk menggelar Rapid Test secara sampling. Utamanya di Gerbang Tol Kalikangkung, melakukan tes cepat terhadap kendaraan pribadi yang berpenumpang lebih dari empat orang.

“Itu untuk mengetahui, apa benar apabila mobilitas tinggi maka tingkat sebaran COVID-19 juga ikut tinggi. Rapid Test juga akan dilakukan di tempat-tempat wisata, yang dikhawatirkan muncul klaster-klaster baru,” pungkasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaBPBD Jateng Siap Antisipasi Kerawanan Bencana di Libur Panjang
Artikel selanjutnyaKendaraan Berat Bersumbu Tiga Dilarang Melintas Tol

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini