Cegah Kecelakaan Saat Lebaran, Dishub Jateng Lakukan Ramp Check Angkutan Umum

Armada bus
Petugas gabungan saat melakukan pemeriksaan kelaikan jalan armada bus.

Semarang, Idola 92,6 FM-Dinas Perhubungan Jawa Tengah melakukan pemeriksaan rutin terhadap kendaraan angkutan Lebaran atau ramp check, guna mencegah terjadinya kecelakaan saat masa arus mudik maupun balik.

Kendaraan angkutan Lebaran dilakukan pemeriksaan, termasuk angkutan pariwisata yang digunakan sebagai armada angkutan mudik gratis.

Pelaksana harian Kepala Dinas Perhubungan Jateng Erry Derima Ryanto mengatakan pihaknya telah melakukan pemeriksaan kepada sejumlah angkutan umum, yang nantinya akan melayani para pemudik pulang ke kampung halaman saat Lebaran. Pernyataan itu dikatakan saat ditemui di kantornya, kemarin.

Erry menjelaskan, hingga awal Maret 2024 kemarin pihaknya telah melakukan ramp check sebanyak 1.527 kendaraan.

Jumlah itu akan terus bertambah, hingga nantinya masuk masa arus mudik Lebaran 2024.

Menurutnya, dari hasil sementara dilakukan ramp check itu masih ditemukan kendaraan angkutan Lebaran belum laik jalan dengan kisaran 8-10 persen.

“Kami dari Dinas Perhubungan melakukan ramp check. Jadi dari total armada angkutan yang digunakan sebagai angkutan Lebaran. Kita lakukan ramp check pada kendaraan di terminal tipe B, karena itu menjadi kewenangan kami. Ini untuk kendaraan AKAP, AKDP dan sebagian kendaraan wisata serta Trans Jateng,” kata Erry.

Lebih lanjut Erry menjelaskan, bagi kendaraan angkutan yang saat dilakukan ramp check dinyatakan belum laik jalan untuk dilakukan perbaikan sebelum masuk masa arus mudik Lebaran.

Harapannya, kelaikan kendaraan angkutan Lebaran di Jateng bisa terjaga dan memenuhi syarat keselamatan.

“Kita semua berharap, tidak terjadi kasus kecelakaan akibat kendaraan angkutan tidak laik jalan,” pungkasnya. (Bud)