Sambut Pemudik, Pertamina Perkuat Ketahanan Stok BBM di Ruas Tol Trans Jawa

Armada mobil tangki
Armada mobil tangki sebagai SPBU kantong bersiaga untuk menyalurkan BBM saat arus mudik Lebaran.

Semarang, Idola 92,6 FM-Tinggal menghitung hari, arus mudik Lebaran 2024 akan dimulai atau tepatnya mulai 5 April mendatang.

Guna menyambut para pemudik yang akan melalui ruas jalan tol Trans Jawa di wilayah Jawa Tengah, Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah memersiapkan kekuatan stok Bahan Bakar Minyak (BBM) di setiap rest area.

General Manager Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Aji Anom Purwasakti mengatakan pihaknya siap memberikan dukungan kelancaran perjalanan para pemudik kembali ke kampung halaman saat Lebaran, dengan menyiapkan stok dan pasokan BBM yang dibutuhkan. Pernyataan itu dikatakan saat menjawab pertanyaan wartawan terkait kesiapan Pertamina menghadapi masa arus mudik Lebaran, belum lama ini.

Aji Anom menjelaskan, untuk di ruas jalan tol Trans Jawa yang masuk wilayah Jawa Tengah telah disiapkan mobil siaga di lima titik di SPBU exit tol Tegal, SPBU exit tol Weleri dan rest area SPBU KM 429A serta di tol fungsional Solo-Yogya (Pospam Banyudono dan Karanganom).

Selain itu juga disiapkan motorist di empat titik rest area di KM 260B, KM 379A dan KM 389B serta KM 429A.

“Fokus utama ada di jalan tol. Ada 14 kios Modular bentuknya pertashop untuk di rest area yang tidak ada SPBU-nya. Ada motoris dan mobil siaga serta mobil tangki storage yang standby,” kata Aji Anom.

Lebih lanjut Aji Anom menjelaskan, selain di ruas jalan tol Trans Jawa yang dipersiapkan stok dan pasokan BBM, pihaknya juga menyiagakan SPBU di jalur potensial dilalui pemudik termasuk jalur wisata.

Selain itu juga menyiagakan SPBU kantong atau mobil tangki standby sebanyak 59 unit, yang terbagi untuk jalur tol ada sembilan unit dan non-tol sebanyak 50 unit.

“Secara umum, stok dan penyaluran BBM dalam kondisi aman dan berjalan lancar. Kami berkomitmen untuk menjamin ketersediaan BBM selama Satgas RAFI 2024,” pungkasnya. (Bud)