Hidupkan UMKM Center, Dinkop UKM Jateng Buat Ruang Kolaborasi Pengembangan Usaha

Ema Rachmawati
Ema Rachmawati, Kepala Dinkop UKM Jateng.

Semarang, Idola 92,6 FM – Dinas Koperasi dan UKM Jawa Tengah memiliki UMKM Center di Srondol Semarang, yang menampilkan beragam produk pelaku usaha di provinsi. Namun, keberadaan UMKM Center dirasa belum maksimal, sehingga dikembangkan ruang kolaborasi dengan nama Hetero Space.

Kepala Dinkop UKM Jateng Ema Rachmawati mengatakan Hetero Space ini merupakan bentuk kerja sama pemerintah dengan Impala Space, dalam rangka memberikan ruang kolaborasi kepada pelaku UMKM dan start-up bisnis yang akan memulai bisnis secara digital. Melalui Hetero Space ini, akan menggali talenta dari pelaku UMKM yang akan memulai bisnis secara online.

Ema menjelaskan, Hetero Space akan menjalin kerja sama dengan sejumlah pihak yang berkompeten di bidangnya. Di antaranya adalah Bank Indonesia untuk pengembangan UKM pangan, BRI dalam upaya peningkatan kapasitas UKM naik kelas dan literasi keuangan yang akan diberikan Jamkrida.

Menurutnya, Hetero Space akan berjalan hingga setahun ke depan dengan materi berbeda setiap harinya.

“Untuk UKM juga harus didorong mulai go online. Kita membantu memberi pembelajaran dan mendampingi UKM untuk go online, karena mau engga mau untuk diarahkan go online itu tujuannya. Jadi, kita lebih ke pembelajaran dan pendampingan teman-teman UKM. Targetnya adalah setiap hari selama setahun. Jadi, teman-teman UKM bisa memanfaatkannya,” kata Ema, Kamis (30/1).

Lebih lanjut Ema menjelaskan, dengan Hetero Space maka UMKM Center didesain layaknya co-working space yang bisa dimanfaatkan pelaku UMKM ataupun start-up bisnis tanpa harus membangun sebuah gedung perkantoran.

“Semua orang dari berbagai latar belakang, tidak hanya pelaku UKM bisa menggunakan fasilitas di UMKM Center. Biaya sewanya hanya Rp25 ribu per hari selama 24 jam, lebih murah dan banyak keuntungan yang didapat,” pungkasnya. (bud)

Artikel sebelumnyaRSUP Kariadi Pulangkan Pasien Yang Diduga Terinfeksi Virus Corona
Artikel selanjutnya[PhotoEvent] Idola Business Gathering Edisi Januari 2020

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini