Kasus Covid-19 Meningkat, PMI Batang Berikan Paket Disinfeksi Mandiri untuk Warga

PMI Batang Bantu Paket Disinfeksi Mandiri
PMI Batang Berikan bantuan Paket Disinfeksi Mandiri untuk Warga.

Semarang, Idola 92.6 FM – Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang, Senin (24/08), menurunkan relawan dan staf untuk melakukan penyemprotan disinfektan dan sosialisasi Perilaku Hidup Sehat dan Bersih (PHBS) pada masyarakat. Kegiatan ini dilakukan sebagai upaya pencegahan mengingat terus meningkatnya angka kasus positif Covid-19 di Kabupaten Batang.

Sri Mulyatno, Wakil ketua III pengurus PMI Kabupaten Batang selaku koordinator Satgas PMI Kabupaten Batang mengatakan, tim diterjunkan kembali untuk melakukan spraying disinfektan dan sosialisasi protokol kesehatan untuk menindaklanjuti perkembangan situasi terkini terkait Covid-19. “Apalagi terjadi lonjakan jumlah kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Batang,” katanya.

Menurut Sri Mulyatno, ini dilakukan sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Batang. Tim penyemprotan disinfektan melakukan spraying dengan menyisir beberapa instansi pemerintah, sekolah, tempat ibadah dan fasilitas umum lainnya.

“Seluruh lingkungan kantor tersebut tak luput dari spraying disinfektan yang dilakukan oleh Tim Spraying. Tidak hanya lobi kantor, spraying juga dilakukan ruang kerja, segala sudut, termasuk beberapa kendaraan operasional instansi tersebut,” tutur Sri Mulyatno.

Paket Disinfeksi Mandiri bantuan dari PMI Batang
Paket Disinfeksi Mandiri bantuan dari PMI Batang untuk Warga.

Pihaknya berharap dengan dilaksanakan spraying disinfektan ini, mampu meminimalisir penyebaran Covid-19 di Kabupaten Batang. Ia juga berharap agar masyarakat semakin sadar bahwa kita semua hidup berdampingan dengan Covid-19 dalam waktu yang tidak sebentar.

“Untuk itu, masyarakat harus tetap disiplin dalam mematuhi protokol kesehatan, memakai masker, jaga jarak, serta hindari kerumunan yang dapat memicu tertularnya virus,” ujarnya.

Selain kegiatan spraying dan sosialisasi PHBS, PMI Kabupaten Batang mulai Senin (24/08) kemarin juga mendistribusikan bantuan paket disinfeksi mandiri untuk warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Bantuan kami berikan lewat Tokoh Masyrakat (RT) setempat di semua wilayah Kabupaten Batang khususnya,” ujar Putut Husamadiman Selaku Pengurus Bidang Penanggulangan Bencana PMI Kabupaten Batang.

Putut berharap, warga bisa melakukan spraying mandiri (sterilisasi) di rumah masing-masing. “Sebab, masyarakat tidak tahu saat berkerumun apakah kita membawa virus atau tertular virus mengingat banyaknya kasus konfirmasi positif tanpa gejala,” tandas Putut. (yes/her)