Lusiawati Dewi, Pemulia Tempe dari UKSW Salatiga

Lusiawati Dewi
Lusiawati Dewi, Pemulia Tempe dari UKSW Salatiga.

Semarang, Idola 92.6 FM – Mengenal Lusiawati Dewi (Ibu Lusi)-Dekan Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga, yang dijuluki sebagai “Dosen Tempe”.

Penyematan sebagai “dosen tempe” pasti adalah alasannya. Karena ia membuat riset tempe, hingga akhirnya mendirikan Pusat Studi Tempe di UKSW pada 2005. Kepedulian dan kecintaannya terhadap tempe membuat ia dipercaya menjadi pengurus Forum Tempe Indonesia periode 2018-2022. Tidak hanya itu, riset tempa yang ia buat juga masuk 110 inovasi nasional Business Inovation Center.

Lusi heran, tempe yang diakui kaya kandungan gizi tetapi kerap dianggap makanan kelas bawah di negeri sendiri. Ia pun mencoba meningkatkan kualitas dan citra tempe dengan memanfaatkan ilmu biologi molekuler yang ia kuasai.

Lusiawati Dewi
Expo pada 22 Agustus 2020, di Salatiga untuk memberikan contoh jenis pangan dari Tempe yang sudah diolah dengan suguhan yang bagus. (Photo: dok pribadi)

Dalam beberapa kesempatan, Lusi pernah meraih, antara lain Pemenang Business Innovation Center 110 Innovation (2018) dan Pemenang I Lomba Kreasi dan Inovasi Tempe Ikan dari Gubernur Jawa Tengah (2015).

Selengkapnya, mengenai dedikasi, kiprah, serta pemikiran perihal panganan tempe, berikut ini wawancara radio Idola dengan Lusiawati Dewi yang juga dekan Fakultas Biologi Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga. (yes/her)

Berikut podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPLN Jateng-DIY Sebut Gangguan Terbesar Jaringan Listrik Adalah Ranting Pohon dan Binatang
Artikel selanjutnyaBagaimana Mencegah serta Melawan Hoaks; Secara Sistemik, Masif dan Struktural?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini