Mengenal Muhammad Izzam Athaya, Salah Satu Model di Uang Pecahan Rp75.000

Muhammad Izzam Athaya
Muhammad Izzam Athaya bersama kedua orang tuanya, Hendra Maulana dan Dian Novyta.

Semarang, Idola 92.6 FM – Mengenal Muhammad Izzam Athaya, salah satu model di uang pecahan Rp75.000 atau uang edisi kemerdekaan 2020 yang mengenakan busana khas Kalimantan Utara, dari suku Adat Tidung.

Orang tua Izzam tak menyangka, anaknya viral usai uang baru nominal Rp75.000 dilaunching Pemerintah dan Bank Indonesia tepat di Hari Ulang Tahun ke 75 Kemerdekaan Republik Indonesia, Senin 17 Agustus 2020 lalu. Siswa Sekolah Dasar Negeri 41 Kota Tarakan viral setelah ada netizen menyebut baju yang dikenakan mirip dengan baju China.

Izzam yang baru duduk di Kelas 4 SDN 41 Kota Tarakan itu menjadi salah satu model di uang pecahan Rp75.000 bersama delapan anak lainnya dari sabang sampai merauke. Ada 9 pakaian adat pada uang baru pecahan Rp75.000. Pakaian Ulee Balang Aceh, Kebaya Labuh Riau, Batik Jawa dengan penutup kepala blangkon, King Baba dari adat Suku Dayak di Kalimantan Barat, Pakaian adat Suku Tidung-Kalimantan Utara, Pakaian adat asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Pakaian adat Makuta asal Gorontalo untuk kaum pria, Baju adat Cele asal Maluku, Pakaian adat Papua Koteka dengan hiasan kepala berupa rumbai sebagai mahkotanya.

Lalu, bagaimana prosesnya sehingga Izzam bisa terpilih menjadi salah satu model di uang pecahan Rp75.000 edisi khusus HUT ke-75 RI? Selengkapnya mengenai kisah Izzam, berikut ini wawancara radio Idola Semarang dengan Hendra Maulana, ayahanda Izzam Athaya. (her)

Berikut podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPemprov Jateng Akan Konservasi Hutan Yang Memang Ada Habitat Harimau Jawanya
Artikel selanjutnyaBagaimana Memanfaatkan Spirit Hijrah untuk Mentransformasikan Kehidupan Sosial, Hukum, dan Politik Kita?