BI Luncurkan Uang Rupiah Tahun Emisi 2022

Uang emisi 2022
Spesimen uang kertas pecahan seratus ribu tahun emisi 2022. (Photo/Istimewa)

Semarang, Idola 92,6 FM – Bank Indonesia meluncurkan tujuh pecahan uang rupiah kertas tahun emisi 2022, dan secara resmi berlaku di seluruh wilayah Indonesia. Peluncuran uang rupiah emisi tahun 2022, bertepatan dengan peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan tujuh pecahan uang rupiah itu terdiri dari uang kertas Rp100 ribu, Rp50 ribu, Rp20 ribu, Rp10 ribu, Rp5 ribu dan Rp2 ribu serta Rp1.000. Pecahan uang rupiah emisi tahun 2022 tetap memertahankan gambar utama pahlawan nasional dan tema kebudayaan Indonesia, serta terdapat tiga aspek inovasi penguatan. Pernyataan itu dikatakan di sela peluncuran uang rupiah tahun emisi 2022 di kantor BI Jakarta, Kamis (18/8).

Perry menjelaskan, tiga aspek inovasi penguatan uang tahun emisi 2022 itu memiliki desain warna lebih tajam dan unsur pengaman lebih andal serta ketahanan bahan uang lebih baik.

“Peluncuran uang rupiah tahun emisi 2022 merupakan wujud nyata komitmen kami bersama, untuk menyediakan uang rupiah yang berkualitas dan tepercaya kepada masyarakat. Sebagai simbol kedaulatan negara dan pemersatu bangsa. Mari kami mengajak seluruh komponen masyarakat untuk cinta, bangga dan paham rupiah. Mari kita terus kobarkan optimisme, semangat kebangsaan dan komitmen untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat menuju Indonesia maju,” kata Perry.

Sementara itu Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan, di dalam setiap lembar uang rupiah terdapat berbagai cerita dan narasi mengenai kebangsaan dan bangsa Indonesia. Yakni sebuah motif dan spirit untuk keberagaman dan kebersatuan.

Menurutnya, uang rupiah merupakan lambang dan komitmen bagi pemerintah.

“Rupiah adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Republik Indonesia, di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sudah selayaknya rupiah sebagai alat pembayaran yang sah harus dihormati, dan dibanggakan oleh kita semua,” ujar Sri Mulyani.

Lebih lanjut Sri Mulyani berharap, bersama rupiah bangsa Indonesia bisa bangkit dan lebih kuat menuju Indonesia maju.

Mau Tukar Uang Tahun Emisi 2022 Bisa ke BI Terdekat

Masyarakat yang ingin menukar uang baru tahun emisi 2022, bisa mendatangi langsung ke kantor Bank Indonesia terdekat. Namun, syaratnya harus mendaftar di aplikasi milik Bank Indonesia.

1
2
3
Artikel sebelumnya150 Penyapu Jalan Terima Bingkisan di Hari Kemerdekaan
Artikel selanjutnyaLPM Dompet Dhuafa Berikan Paket Sembako bagi LVRI Kota Bogor