Tim Dokter RSUP dr Kariadi Minta Masyarakat Tak Panik Dengan Virus Corona

Muchlis Achsan Udji
Dokter Muchlis Achsan Udji, Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging RSUP dr Kariadi.

Semarang, Idola 92,6 FM – Penyebaran Virus Corona (novel Coronavirus/nCov) yang menyebabkan penyakit penyakit pneumonia berat hingga menjadi outbreak atau wabah, menjadi ketakutan tersendiri bagi masyarakat di seluruh belahan dunia.

Ketua Tim Penyakit Infeksi Emerging RSUP dr Kariadi, dokter Muchlis Achsan Udji mengatakan pihaknya sudah menyiapkan beberapa ruang isolasi, untuk memberikan penanganan medis terhadap pasien yang diduga terinfeksi Virus Corona. Termasuk, menyiapkan 23 dokter jika terjadi outbreak atau wabah penyakit.

Muchlis meminta kepada masyarakat, agar tidak perlu panik dalam menyikapi kemungkinan penyebaran Virus Corona sampai masuk ke Indonesia. Jika seseorang dalam kondisi panik, maka sistem kekebalan tumbuhnya akan terganggu.

Menurutnya, jika sistem imun tubuh manusia terganggu akan mudah virus atau bakteri masuk.

“Penyakit ini merupakan penyakit yang sangat menular. Tapi yang perlu ditekankan kepada masyarakat, jangan sampai panik. Kenapa jangan sampai panik? Mengingat penyebabnya adalah virus dan virus bisa diatasi kalau sistem kekebalan tubuh kita bagus. Begitu kita panik, sistem imun kita langsung amburadul dan tidak bisa bekerja dengan baik. Virus masuk, dan malah akan menyebabkan serangan yang lebih ganas. Oleh karena itu, mohon masyarakat tidak perlu panik,” kata Muchlis, Senin (27/1).

Lebih lanjut Muchlis menjelaskan, pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sudah memersiapkan langkah antisipasi dan upaya penanganan jangan sampai menjadi wabah di Tanah Air. Bahkan, Kemenkes juga sudah membentuk tim yang terdiri dari sejumlah rumah sakit besar dan dibagi dalam beberapa zona.

“Kami juga sudah melapokan ke Kementerian Kesehatan soal kesiapan dari RSUP dr Kariadi, termasuk peralatan yang kami miliki. Jadi, pemerintah sudah melakukan upaya untuk menghindari penularan,” tandasnya. (Bud)

Artikel sebelumnyaAkademisi Sebut Wacana Kampus Merdeka Masih Perlu Kajian Mendalam
Artikel selanjutnyaSemarang Zoo akan Tambah Koleksi Satwa dan Wahana Permainan

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini