Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19, Epidemiolog Meminta Pemerintah Tingkatkan Vaksinasi

Vaksinasi Covid-19
ilustrasi/istimewa

Semarang, Idola 92.6 FM – Untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19, ahli epidemiologi meminta Pemerintah terus meningkatkan cakupan vaksinasi terutama pada daerah yang cakupan vaksinasinya masih rendah. Vaksinasi akan meningkatkan imunitas penduduk.

Hal itu dikatakan dr. Pandu Riono Ahli Epidemiologi Universitas Indonesia saat diwawancara radio Idola Senin 22 November lalu.

“Kalau kita mau mencegah itu (gelombang ketiga Covid-19-Red), kejar cepat vaksinasi, orang stok vaksinasi kita banyak. Jangan melempem lagi. Sekarang melempem cakupan vaksinasinya, dibayang-bayangi ketakutan sama gelombang ketiga. Kemudian, ah gampang ketatin semua, suruh semua tinggal di rumah! Bukan itu!” kata dr Pandu Riono.

Dikatakan dr. Pandu Riono, untuk mengantisipasi gelombang ketiga Covid-19 jelang masa Natal dan Tahun Baru, kita mesti tetap fokus pada mencegah penularan Covid-19 sehingga tak perlu memberlakukan PPKM Level 3 di seluruh wilayah. Sebelumnya, Pemerintah memutuskan akan menerapkan PPKM level 3 di seluruh wilayah jelang Natal dan Tahun Baru. Kebijakan ini akan berlangsung mulai tanggal 24 Desember 2021 hingga 2 Januari 2022.

“Apa dasarnya? Gitu kan? Dasarnya mestinya parameter epidemiologis, kan! Selama tidak ada kenaikan kasus yang mengkhawatirkan, ya, gak seperti itu respons-nya,” ujar dr Pandu Riono.

Dr Pandu Riono mengusulkan, jelang Natal dan Tahun Baru, penerapan aturan PPKM berlevel, tetap disesuaikan dengan situasi penanggulangan kasus dan potensi penularan Covid-19 pada wilayah masing-masing.

“Saya menyarankan gak perlu seperti itu. Itu kan respons kalau ada kenaikan (kasus Covid-19-Red). Jadi, sesuai dengan wilayahnya. Semua sesuai dengan yang disepakati. Ini kan tidak disepakati,” tutur dr Pandu Riono.

Dokter Pandu menambahkan, kasus gelombang kedua Covid-19 pada Juli lalu, dipengaruhi oleh beberapa hal. Antara lain: adanya virus corona varian Delta, mobilitas penduduk yang tak terkendali jelang Hari Raya Idulfitri, dan masih rendahnya cakupan vaksinasi.

Ia berharap, Pemerintah dan warga bisa mengambil pelajaran dari gelombang kedua Covid-19 tersebut. Agar tak terjadi gelombang ketiga, Pemerintah harus tetap melakukan 3T serta meningkatkan cakupan vaksinasi. Serta bagi warga, tetap disiplin pada protokol kesehatan 5M. (ade/her)

Epidemiolog Meminta Pemerintah Tingkatkan Vaksinasi
Artikel sebelumnyaDinas LHK Jateng Ajak Warga Tanam Buah
Artikel selanjutnyaPolres Semarang Imbau Warga Tak Gelar Pesta Kembang Api di Malam Tahun Baru

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini