Mengenal Hidroponik Berbasis IoT Inovasi Mahasiswa ITS

Tim HIRARKI ITS Surabaya
Tim HIRARKI ITS dari kiri ke kanan: Dewi Sugiharti Ningrum (Ketua Tim HIRARKI ITS Surabaya), M Royan Nasrullah, dan Yeni Dwi Cahyani. (photo dok Dewi)

Semarang, Idola 92.6 FM – Metode tanam hidroponik yang kini marak diterapkan di perkotaan masih banyak digunakan terbatas hanya untuk satu jenis tanaman. Inilah alasan tiga mahasiswa dari Departemen Teknik Instrumentasi Fakultas Vokasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menggagas inovasi alat hidroponik serbaguna berbasis Internet of Things (IoT) yang dinamai HIRARKI. HIRARKI merupakan akronim dari Hidroponik Serbaguna Berbasis Internet of Things.

Ketiga mahasiswa itu adalah Dewi Sugiharti Ningrum, Yeni Dwi Cahyani, dan Mochamad Royan Nasrulloh. Menurut Ketua Tim HIRARKI, Dewi Sugiharti, hidroponik rancangan timnya ini berbeda dengan yang ada sekarang, sebab dapat diterapkan untuk semua jenis tanaman. Selain itu, dilengkapi dengan teknologi IoT.

Inovasi hidroponik HIRARKI
Inovasi hidroponik HIRARKI karya Mahasiswa ITS Surabaya.

HIRARKI juga dilengkapi dengan beberapa elemen otomatis seperti pompa air dengan motor servo sebagai aktuatornya (perangkat mekanis untuk mengontrol sistem, red). Selain itu juga terdapat arduino uno yang berfungsi sebagai kontroler.

Tidak hanya itu, HIRARKI juga memiliki aplikasi untuk mengontrol sistem yang dilakukan dengan beberapa fitur di dalamnya. Terdapat empat fitur utama yakni pilih tanaman, monitoring nutrisi, monitoring laju aliran, dan monitoring pendeteksi hama. Pada sistem aplikasinya nanti, pengguna akan dapat memilih tanaman apa yang akan ditanam. Ketika sudah memilih tanaman, maka aktuator pada HIRARKI akan secara otomatis menyesuaikan nutrisi dan debit air sesuai database mengenai tanaman yang telah dipilih. Sehingga tingkat keberhasilan tumbuhnya suatu tanaman akan lebih besar dengan pemberian nutrisi dan air yang tepat.

Inovasi hidroponik HIRARKI
Inovasi hidroponik HIRARKI karya Mahasiswa ITS Surabaya.

Dewi berharap, dengan adanya alat ini akan membantu petani tetap produktif di daerah perkotaan. Sehingga masyarakat dapat mengoptimalkan lahan sempit untuk bercocok tanam dan Indonesia dapat memiliki ketahanan pangan yang tinggi.

Selengkapnya mengenai apa itu hidroponik serbaguna berbasis Internet of Things (IoT) yang dinamai HIRARKI dan manfaatnya bagi para petani, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Dewi Sugiharti Ningrum, ketua tim HIRARKI. (yes/her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaMemperkuat Moderasi Beragama di Indonesia
Artikel selanjutnyaPolisi Tangkap Tersangka Perampas Uang Setoran Toko Emas