Mengenal Kasmin Riyadi, Penggagas Sepeda Tenaga Matahari dari Tembalang Semarang

Kasmin Riyadi
Kasmin Riyadi "Mr Kasmino" Penggagas sepeda tenaga matahari yang diberi nama “Sangqu”. (Photo dok Kasmin)

Semarang, Idola 92.6 FM – Seorang warga dari Kecamatan Tembalang Kota Semarang berkreasi membuat sepeda tenaga matahari yang diberi nama “Sangqu”. Atas kreasinya tersebut, Sangqu masuk nominasi dalam lomba Start Up Inovasi Masyarakat (SIM) yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Ia adalah Kasmin Riyadi, penggagas sepeda tenaga matahari dari Tembalang Semarang. Sebelumnya, pria yang akrab dipanggil Mr Kasmino ini pernah berinovasi membuat eskavator mini yang dilabeli “Kasmino”.
Menurut Kasmino, Sangqu hemat energai dan ramah lingkungan karena sepeda tersebut bisa dikendarai ke mana-mana tanpa bahan bakar minyak (BBM) asal ada sinar matahari.

Sepeda tenaga matahari
Sepeda tenaga matahari yang diberi nama “Sangqu” bisa dikendarai dengan beban 100 kg.(Photo dok Kasmin)

Sepeda matahari yang ia produksi itu, bisa membawa beban muatan sampai 100 kg. Saat ini, pihaknya sedang membuat lagi sepeda yang dibandrol dengan harga sekira Rp 10 Juta per unit itu.

Dengan inovasi seperti ini, tak heran jika sepeda Sangqu masuk nominasi dalam lomba Start Up Inovasi Masyarakat (SIM) yang diselenggarakan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Sangqu juga diikutkan dalam lomba Jaringan Inovasi Masyarakt tingkat Provinsi Jawa Tengah.

Selengkapnya, mengenal sepeda tenaga matahari bernama “Sangqu” berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Kasmin Riyadi “Mr Kasmino”, Penggagas “Sangqu” Sepeda Tenaga Matahari dari Tembalang Semarang. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaKapolda Jateng Persilakan Warga Kritik Polri
Artikel selanjutnyaMengurai Masih Tingginya Biaya Logistik, Apa Pangkal Masalahnya?

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini