Mengenal virus Nipah bersama Peneliti Mikrobiologi LIPI

Dr Sugiyono Saputra
Peneliti Mikrobiologi LIPI, Dr Sugiyono Saputra. (Photo: dok Sugiyono)

Semarang, Idola 92.6 FM – Di tengah dunia tengah mengadapi Pandemi Covid-19, dalam beberapa waktu terakhir virus Nipah menjadi topik hangat perbincangan di dunia. Virus Nipah menjadi pembicaraan akhir-akhir ini. Saat pandemi Covid-19 masih memukul berbagai sendi kehidupan. Virus Nipah menjadi sorotan karena ilmuwan di sejumlah Asia menyampaikan kasus yang terjadi di negaranya.

Virus Nipah pertama diketahui pada 1998 di Malaysia. Virus tersebut kemudian menyebar ke sejumlah negara, seperti Thailand, India, Singapura, Cina, dan Bangladesh. Dan masuk dalam daftar sepuluh penyakit menular Organisasi kesehatan dunia (WHO) yang memiliki risiko kesehatan terbesar.

Lantas, apa sebenarnya virus Nipah, Seberapa berbahayanya virus Nipah jika sampai masuk ke tubuh manusia? Media apakah yang bisa menyebarkan virus Nipah? Bisakah penularan virus Nipah dari manusia ke manusia?

Selengkapnya, mengenai apa itu virus Nipah dan bagaimana penularan serta pencegahannya, berikut ini wawancara radio Idola Semarang bersama Peneliti Mikrobiologi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dr Sugiyono Saputra. (yes/ her)

Dengarkan podcast wawancaranya:

Artikel sebelumnyaPatra Jasa Ajarkan Warga Olah Sampah Jadi Pakan Ternak
Artikel selanjutnyaKebijakan “Jateng di Rumah Saja”: Antara Narasi dan Substansi

BERIKAN KOMENTAR

Tulis komentar anda!
Tulis nama anda disini